Tata Cara Shalat Taubat Lengkap - Taubat Nasuha

Blog Khusus Doa - Alhmadulillah kami masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk berbagi artikel Tata Cara Sholat Taubat. Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan artikel yang berjudul "Rukun Taubat dan Niat Mandi Taubat".

Setelah kita mempelajari dan memahami apa saja rukun-rukun taubat dan bagaimana cara untuk melakukan mandi taubat, maka untuk lebih memantapkan lagi taubat kita agar supaya taubat kita benar-benar taubat yang sesungguhnya dan semoga Allah SWT menerima taubat kita, maka dianjurkan untuk melakukan shalat taubat. Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa, lalu ia bersuci dengan baik, lalu berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya." (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad)
Sholat taubat atau shalat tobat adalah termasuk shalat sunnah mutlak yang dapat dilaksanakan kapan saja. Baik itu malam hari maupun dilaksanakan di siang hari, kecuali waktu yang dilarang melakukan sholat sunnah. Beberapa waktu larangan sholat sunnah antara lain :
  • Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
  • Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggal (قيد رمح).
  • Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.
  • Dari sholat ashar sampai tenggelam matahari.
  • Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

 
Adapun untuk tata cara sholat tobat (taubat) adalah sebagai berikut :
  • Suci dari hadats
    Seperti halnya yang dilakukan setiap sholat, seorang mushalli (orang yang melakukan sholat) hendaknya harus suci dari hadats kecil dan besar. Seandainya masih dalam keadaan najis (belum bersuci), hendaknya mandi junub untuk menghilangkan hadats besar dan berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil. Pelajari juga: Lafadz Niat Wudhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya
  • Niat Sholat Taubat
    Sama seperti pada sholat-sholat lainnya, sebelum memulai sholat terlebih dahulu memantapkan niat dalam hati untuk melakukan ibadah shalat karena Allah. Adapun niat sholat taubat 2 (dua) raka'at adalah sebagai berikut :
    أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ ركَعْتَيْنِ للهِ تَعَالَي
    USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'ALAA
    Artinya :
    Saya niat sholat sunnah taubat dua raka'at karena Allah Ta'ala
    Setelah membaca bacaan Niat Shalat Taubat, kemudian seperti sholat pada umumnya yaitu membaca Surat Al Fatihah, Suratan Alqur'an, Ruku, Itidal, Sujud hingga Salam
  • Berdzikir membaca istighfar
    Setelah selesai salam sholat taubat kemudian kita berdzikir kepada Allah SWT dengan membaca istighfar minimal 100x.
    أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ
    atau
    أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
    atau dengan lafadz Sayyidul Istighfar
    اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ
    Artinya :Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan."

Selama beristighfar hendaknya mengingat dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan penuh penyesalan memohon ampun dengan sebenar-benarnya menyesal dan tidak akan pernah mengulanginya lagi. Dengan penuh keyakinan bahwa Allah Maha Pengampun segala dosa, sebesar apapun dosa itu. Tetesan air mata yang mengucur deras, tanda kesungguhan taubat kita.

Kemudian setelah selesari berdzikir, membaca beristighfar dilanjutkan berdoa. Membaca doa sholat taubat. Adapun untuk lafadz bacaan doa setelah shalat taubat, Inysa Allah akan kami share pada artikel berikutnya.

Itulah tata cara sholat taubat sebagaimana dikutip dari laman rejekinomplok.net, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan bosan-bosan untuk terus berkunjung di blogkhususdoa.com untuk bersama-sama belajar ilmu agama.

Belum ada Komentar untuk "Tata Cara Shalat Taubat Lengkap - Taubat Nasuha"

Posting Komentar

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel