Niat Sholat Rawatib - Niat Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah Lengkap

Blog Khusus Doa - Pada halaman ini kami akan berbagi lafadz niat sholat sunnah qobliyah dan niat shalat sunnah ba'diyah atau yang disebut dengan sholat  rawatib, yaitu sholat sunnah yang dikerjakan sebelum dan/atau setelah sholat fardhu. Jika dikerjakan sebelum sholat fardhu, maka disebut sholat sunnah qobliyah dan apabila dikerjakan sesudah shalat fardhu, maka disebut sholat sunnah ba'diyah.

Perlu kita garis bawahi bahwa sholat rawatib terbagi menjadi 2; pertama sholat rawatib muakkad (dianjurkan) dan yang kedua sholat rawatib ghoiru muakkad (kurang dianjurkan). Dan pada kesempatan ini kami akan membahasnya lengkap dengan lafadz niat sholat sunnah rawatib (Qobliyyah dan Ba'diyyah) Lengkap.

Niat sholat sunnah qobliyyah dan ba'diyyah atau sholat rawatib
Ilustrasi : Sholat Rawatib

Jumlah Raka'at Sholat Sunnah Rawatib Muakkadah

Sholat sunnah ini jumlahnya 10 roka'at atau 12 raka'at, diantaranya yaitu 4 atau 2 raka'at sebelum dzuhur dan 2 roka'at setelah dhuzur, 2 roka'at setelah sholat maghrib, 2 raka'at setelah sholat isya dan 2 roka'at lagi sebelum sholat subuh. Dalil yang menyatakan 10 raka'at diriwayatkan oleh Bukhori.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ - رضى الله عنهما – قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - عَشْرَ رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ

Artinya :
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata: "Telah aku hapal dari Rasulullah SAW 10 raka'at; 2 raka'at sebelum Zhuhur, 2 raka'at setelahnya, 2 raka'at setelah Maghrib di rumahnya, 2 raka'at setelah Isya' di rumahnya dan 2 raka'at sebelum shalat shubuh". Hadits riwayat Bukhari

Adapun dalil yang menyatakan 12 raka'at diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahihut Tirmidzi. 

عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صَلَّى فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ »

Artinya :
Dari Ummu Habibah radhiyallahu 'anha berkata: "Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang shalat di dalam sehari dan semalam 12 raka'at maka dibangunkan baginya sebuah rumah di dalam surga, (12 raka'at tersebut) adalah 4 raka'at sebelum Zhuhur, 2 raka'at setelahnya, 2 raka'at setelah Maghrib, 2 raka'at setelah Isya' dan 2 raka'at sebelum Fajar". Hadits riwayat Tirmidzi (no. 414) dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahihut Tirmidzi (1/131)

Dari dalil-dalil tersebut diatas, perbedaannya hanya jumlah rakaat sholat sunnah ba'diyah dzuhur, ada yang 2 raka'at dan ada yang 4 raka'at. Karena kedua-duanya merupakan sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan, maka kita bisa memilihnya salah satu. Misalnya kalau kita lagi mampu 4 raka'at atau 2 raka'at saja kalau memang tidak mampu.

Adapun diantara sholat rawatib muakkad diatas, yang paling sangat dianjurkan yaitu sholat sunnah qobliyyah subuh. Hal ini didasarkan hadits yang diriwayatkan oleh A'isyah rodhiyallohu 'anha ;

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيِ الفَجْرِ

Artinya :
Dari semua sholat sunat, tak ada sholat sunat yang paling Nabi jaga, seperti halnya nabi menjaga (untuk tidak meninggalkan) dua roka'at sholat fajar (2 roka'aat qobliyah subuh). (Shohih Bukhori, no.1169 dan Shohih Muslim, no.724)

Niat Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah (Sholat Rawatib)

Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat sunnah qobliyah dan/atau ba'diyah setelah sholat fardhu (sholat rawatib muakkadah)

Niat Sholat Sunnah Qobliyyah Subuh (2 Raka'at)

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ   ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATASH-SHUBHI ROK'ATAINI QOBLIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI  LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat sebelum subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat  karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Qobliyyah Dzuhur (2 Raka'at)

اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ   ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAZH-ZHUHRI ROK'ATAINI QOBLIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI   LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat sebelum dzuhur 2 rakaat, sambil menghadap qiblat karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah Dzuhur (2 Raka'at)

اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ   ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAZH-ZHUHRI ROK'ATAINI BA'DIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI   LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat setelah dzuhur 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah Maghrib (2 Raka'at)

اُصَلِّى سُنَّةً الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ   ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL MAGHRIBI ROK'ATAINI BA'DIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI   LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat setelah maghrib 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, karena Allah ta'ala

Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah 'Isya (2 Raka'at)

اُصَلِّى سُنَّةً الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ   ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL 'ISYAA'I ROK'ATAINI BA'DIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI   LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat setelah 'isya 2 rakaat, sambil menghadap qiblat,   karena Allah ta'ala

Catatan:
Bagi teman-teman yang lebih suka menghafal dengan cara mendengarkan, silakan bisa menyaksikan video berikut ini:


Sumber Referensi :
#http://dakwahsunnah.com/index.php/artikel/tanyajawab/53-ada-berapa-shalat-sunnah-ba-diyyah-qabliyyah
#http://www.fikihkontemporer.com/2013/01/jumlah-bilangan-rokaat-sholat-sunat_12.html

82 Komentar untuk "Niat Sholat Rawatib - Niat Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah Lengkap"

  1. Di pembahasan awal tolong dikoreksi dong, solat sunnah rawatib itu sebelum subuh, bukan setelah subuh. Masak udah ada keterangan hadist tapi di keterangan awal udah sakah duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mengingatkan. Mohon maaf kami salah tulis.....
      Dan sekarang sudah kami koreksi.

      Sekali lagi terima kasih

      Hapus
    2. Mas WASI LATUN...
      Tolong dong kalau mau koreksi itu tulisan nya yg betul, kalau sudah betul baru di Publikasikan....nggih
      Kalimat terakhir ini semestinya ndak perlu, kesannya anda agak marah... "Masak udah ada keterangan hadist tapi di keterangan awal udah sakah duluan", apa lagi dua kata terakhirnya salah...hehehehe

      Hapus
    3. Pakailah kalimat yang sopan dan santun sehingga terjalin komunikasivyang baik

      Hapus
    4. Betul, koreksilah dengan santun. Admin pasti tidak sengaja melakukannya, toh juga hadits yg disampaikan sudah benar. Berarti itu hanyalah masalah redaksional saja. Terimakasih Admin untuk postingannya, sangat bermanfaat.

      Hapus
    5. Iyah.... Saya pun merasa sedemikian

      Hapus
    6. Mohon maaf mas kata"nya jgn marah" mungkin admin salah ketik 😁

      Hapus
  2. mas sumbernya dari mana ya niat-niat diatas?
    mohon pencerahannya...
    terima kasih :)

    BalasHapus
  3. manntaap,,kok do'a sunah sblum magrib gk ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembahasan diatas adanya sholat ba'diyyah maghrib, tidak ada qobliyyah maghrib #cmiiw

      Hapus
    2. Karena solat sunnah qobla magrib tidak dianjurkan

      Hapus
    3. Shalat rawatib sebelum magrib tidak dianjurkan,

      Hapus
  4. Trima kasih..sekarang ku dah tau...

    BalasHapus
  5. Maaf.. Yg saya ketahui, mengapa tidak ada sholat sunnah qobliyah maghrib karna di waktu maghrib sangat singkat, utk pergantian ke Isya.. di takutkan Shalat fardhu Maghribnya malah masuk ke waktu Isya.. Dan tidak di sunnah kan juga oleh Rasulullah kita.
    Dan shalat Ba'da Ashar pun begitu, tidak ada Sunnah nya..
    Jadi kita ikuti saja apa yg sudah di sunnahkan oleh Rasulullah :)
    trmksh
    *maaf di komentar sebelumnya ada salah penulisan ba'da maghrib ralat qobliyah maghrib

    BalasHapus
  6. qobliyah isya tinggal diganti aja ya kata badiyah isya nya?

    BalasHapus
  7. bermanfaat sekali, thanks bro

    BalasHapus
  8. makasiih min, tulisannya membantu bikin paham.. :D
    oiya, sebelum asar itu tidak ada solat rawatibnya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak anis, sholat qobliyah ashar...

      Hapus
    2. Klu boleh menambahkan atau meluruskan sj.. Untuk sholat Ashar.. Baik Cobla (sebelum) dan atau Ba'da (sesudah)Sholat Ashar.. Kedua'dua nya Tidak dilakukan atau tidak di Sunnah kan Oleh Rasulullah S.A.W..Jikapun ada Sunnah Qobliyah nya..Itu Hadist Dhoif! Dan Ba'diyah'nya pun Haram Hukumnya!.. Jd pgertiannya begini...Rasulullah S.A.W hanya melakukan Sholat Sunnah baik Cobla maupun Ba'da hanya pada Sholat Shubuh,Dzuhur,Maghrib & Isya Saja..Untuk Sholat Ashar tdk ada Sholat Sunnah'nya..demikian yg saya tau berdasarkan HR.Muslim..
      Semoga bermanfaat..terimakasih.. Salam Ukhuwah Islami

      Hapus
    3. Tapi itu ghairu muakad, tidak ditekankan untuk dilakukan..

      Hapus
  9. kalo bisa di tambah niat sholat qolbiyah jum'at
    terima kasih

    BalasHapus
  10. apakah sholat sunnah setelah/sebelum ashar, juga sebelum maghrib tidak ada? tolong jelaskan..

    BalasHapus
  11. Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. semoga allah swt slalu melimpahkan berkahnya u insan yg dg ikhlas berbagi ilmu u umat yg lain ...amin

    BalasHapus
  13. Terima kasih, sangat bermanfaat...insyaallah

    BalasHapus
  14. Bagaimana dgn niat bacaan sholat sunnah sebelum dzuhur 4 rakaat? Bantu jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 rokat 2 rokat 2 kali salam

      Hapus
    2. Tidak ada niat nya akhi, krna 2 rakaat salam, bru shalat lagi 2 rakaat dgn niat yg sama .

      Hapus
    3. Cara pengerjaan solat sebelum dzuhur 4 rakaat yaitu 2 rakaat tapi di kerjakan 2x .. jadi niatnya pake yang diatas.

      Hapus
    4. Jadi 2 rakaat salam ,2 rakaat salam ..

      Hapus
  15. selain sholat fardhu shalat apa saja yang punya shalat rawatib??? ;0

    BalasHapus
  16. Sholat qobliyah dhuhur boleh 2 rekaa yg ya?

    BalasHapus
  17. Terima kasih.. cukup membantu saya

    BalasHapus
  18. 4 rakaat yang sebelum dhuhur itu apakah di 2 rakaat 1 salam atau 4 rakaat 1 salam? Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  19. alhamdulillah dapat ilmu tambahan lagi. terima kasih buat informasinya. sangat membantu sekali👍👍

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, terima kasih sangat membantu saya

    BalasHapus
  21. Yg saya tau gak ada deh bakdiyah maghrib yg ada qobliyah maghrib kok itu badyah maghrib yg bner yg mana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qabliyah = sebelum.
      Ba'diyah = sesudah.
      Silahkan diniatkan sesuai arti kata tersebut.

      Hapus
    2. Yang bener badia magrib, kalo solat sunah qabla magrib takutnya nanti solat fardu nya kelamaan , takutnya keburu isya, nanti solat yang wajibnya malah ga tepat waktu

      Hapus
    3. Ada mba ba'da magrib, setau saya kan salat sunat rawatib itu 12 rakaat seperti yg ditulis diatas, nah untuk shalat qabliya itu emg diseluruh shalat fardhu ada, shalat diantara adzan sma iqamah.

      Hapus
  22. terima kasih atas post yang sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah,sangat membantu.trimakasih

    BalasHapus
  24. Terima kasih admin, sangat membantu :)

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah sangat membantu, terimakasih min😊

    BalasHapus
  26. Sholat rawatib muakkad (sangat ditekankan untuk dianjurkan): dua rakaat sebelum subuh, 2/4 rakaat sebelum dan dua rakaat sesudah dzuhur, dua rakaat sesudah maghrib dan dua rakaat sesudah ishya.
    Sholat rawatib ghairu muakkad (tdk begitu ditekankan untuk dianjurkan): empat rakaat sesudah dzuhur, empat rakaat sebelum ashar, dua rakaat sebelum maghrib, dan dua rakaat sebelum ishya.

    BalasHapus
  27. Aisyah radiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada sholat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh“. (HR. At-Tarmidzi no. 414, An-Nasa’i no. 1794) ini yg shahih hadistnya mbak & mas..

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah, terima kasih atas ilmunya semoga bermanfaat untuk kita semua Aamiiiin ya Allah

    BalasHapus
  29. Alhamdulilah ilmunya bermanfaat 😄

    BalasHapus
  30. terimksh tulisanya sangt membantu ijin kopas ya untuk saya amalkan.

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, tks informasinya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  32. terma kasih artikel nya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  33. Terima kasih, insya allah bermanfaat

    BalasHapus
  34. solat qobliyah magrib koq gak ada yaa?

    BalasHapus
  35. Sholat sunnah Ba'dyah subuh emang gak ada yaa. Min.

    BalasHapus
  36. Asslamualaikum warah matullah hiwabarakatuh
    Boleh nanya??
    Setau saya sholat sunat dzuhur itu sebelum dan sesudah
    Ashar sebelum saja
    Sholat magrib sesudah saja
    Solat isya sebelum dan sesudah
    Subuh sebelum saja

    Tapi saya lihat riwayat di atas tidak ada sholat sunat sebelum ashar dan tidak ada sholat sunat sebelum isya..
    Apakah pemahaman saya salah??
    Di buku2 sholat lengkap begitu yang saya baca..
    Dan di lingkungan maupun orang tua saya begitu yang di ajarkan..
    Mohon bantuan.a untuk menjawab pertanyaan dan kekeliruan saya..
    Terimakasih
    Waalaikumsalam warah matullahiwabarakatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya anda benar ukhti, karna yang saya tau sama seperti itu .

      Hapus
  37. Makasih Kak, tapi itu huruf latinnya bukannya idghom bighunnah, kok bacanya qobliyatan mustakhbilal

    BalasHapus
  38. Sangat membantu, terima kasih yaa.

    BalasHapus
  39. kalo ga pake mustaqbilal qiblati sah ga sholatnya

    BalasHapus
  40. Terimakasih, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  41. Terimakasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  42. apakah sah jika sholat sunah g pake mustakbilal kiblati

    BalasHapus
  43. apakah sah jika sholat sunah g pake mustakbilal kiblati

    BalasHapus
  44. Sangat bermanfaat. Syukron. Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda, Aamiin

    BalasHapus
  45. Sunnah qobliyah azhar gak ada ya? Tpi setiap di mesjid saya sering liat orang sholat sunnah sebelum azhar, itu sholat sunnah apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi sholat sunnah tahiyyatul masjid. Klw memang benar mereka sholat qobliyah ashar itu tdk ada tuntunannya dari Nabi kita Muhammad SAW.

      Wallahu a'lam

      Hapus
  46. Rusli hadri:
    setau ane itu solat menghormati masji atau tahiyatul masjid,untuk lebih jelasnya tanyakan pada ustadz.
    karna ane takut salah

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah, sangat manfaat sekali bacaannya. Semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin

    BalasHapus
  48. Alhamdulilaah ,, sangat baik postingan ini .

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel