Hadits Shaheh Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Blog Khusus Doa - Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, tentu kita sering membaca sholawat nabi, semoga kita semua mendapatkan syafa'at Baginda Nabi kelak dihari kiamat. Amin. Tapi sudah tahukah teman-teman, apa keutamaan membaca shalawat nabi yang sesuai hadits-hadits shahih?

Nah, pada halaman ini kita bersama-sama akan mempelajari hadits-hadits shahih tentang hikmah dan keutamaan membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Hal ini perlu kita pelajar dan pahami, agar supaya kita lebih sering-sering lagi membaca shalawat dan tentunya membaca tidak hanya sekedar membaca, akan tetapi kita tahu dan paham apa tujuan serta hikmahnya bagi kita semua. Ok langsung saja kita simak beberapa hadits berikut ini tentang keutamaan dan hikmah membaca sholawat nabi.


قَالَ صَلَّ اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّم: مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّىى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا
Artinya :
Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali, Allah akan memberikan balasan shalawat kepadanya sepuluh kali". (HR. Muslim: 1/288)

قَالَ صَلَّ اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّم: لاَتَجْعَلُوْا قَبْرِي عِيْدًا وَصَلُّوْا عَلَيَّ، فَإِنَّ صَلاَتَكَ تَبْلُغُنِي حَيْثُ كُنْتُمْ
Artinya :
Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai hari raya, dan bacalah shalawat kepadaku, sesungguhnya bacaan shalawatmu akan sampai kepadaku, dimana saja kamu berada". (HR. Abu Dawud: 2/218, Ahmad: 2/367, dan Albani menshahihkannya Shahih Abi Dawud: 2/383)

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْبَخِيْلُ مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ
Artinya :
Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang bakhil adalah orang yang apabila aku disebut, dia tidak membaca sholawat kepadaku". (HR. At-Tirmidzi: 5/551)

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ ِللهِ مَلاَئِكَةً سَيَّاحِيْنَ فِي اْلأَرْضِ يُبَلِّغُوْنِي مِنْ اُمَّتِيْ السَّلاَم
Artinya :
Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang senantiasa berkeliling di bumi yang akan menyampaikan salam kepadaku dari umatku". (HR. An-Nasai, Al-Hakim: 2/421, Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih An-Nasai: 1/274)

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَامِنْ أَحَدٍ يُسَلِّمُ عَلَيَّ إِلاَّ رَدَّاللهُ عَلَيَّ رُوْحِيَ حَتَّى أَرُدَّ عَلَيْهِ السَّلاَم
Artinya :
Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seseorang mengucapkan salam kepadaku kecuali Allah mengembalikan ruhku kepadaku sehingga aku membalas salam-(nya)" (HR. Abu Dawud no. 2041)

Itulah beberapa hadits tentang keutamaan membaca sholawat nabi. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu mengamalkan sholawat. Amin.

0 Response to "Hadits Shaheh Keutamaan Membaca Sholawat Nabi "

Poskan Komentar

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).