Doa Mohon Kesolehan (Doa Nabi Ibrahim ketika Selesai Membangun Ka'bah Bersama Ismail)

Blog Khusus Doa - Alhamdulillah pada kesempatan ini kami masih bisa berbagi doa-doa islami bahasa arab, latin dan artinya. Sudah cukup lama kami tidak membuat artikel tentang bacaan doa-doa, namun pada kesempatan ini insya Allah akan kami share lafadz doa mohon kesolehan yang mana doa ini merupakan Doa nabi Ibrahim ketika Membangun Ka'bah.

(Pelajari juga: Doa-doa Para Nabi dan Rasul yang Diabadikan dalam Al-Qur'an)

Diterangkan dalam Al-Quran bahwa Nabi Ibrahim a.s. membaca doa berikut ini setelah selesai membangun Baitul Haram (Kabah). Yang ketika itu ditimpa banjir besar (zaman Nabi Nuh as), kemudian Nabi Ibrahim a.s dibantu puteranya Ismail a.s untuk membangun kembali ka'bah tersebut. Setelah selesai mereka berdua berdoa dengan lafazh doa berikut ini:

Ilustrasi : Berdoa
 
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Artinya :
"Ya Tuhan Kami terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui". Ya Tuhan Kami, Jadikanlah Kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu Kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada Kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji Kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah : 127-128)

Itulah Doa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ketika selesai membangun Ka'bah setelah dilanda banjir besar. Doa tersebut sepantasnya kita amalkan setiap hari, atau minimal kita panjatkan setelah selesai sholat fardhu 5 waktu agar supaya kita semua menjadi orang-orang yang sholeh, orang yang taat dan tunduk kepada Allah SWT serta diterimanya taubat kita. Amin Ya Allah, Ya Rabbal 'Alamiin.


0 Response to "Doa Mohon Kesolehan (Doa Nabi Ibrahim ketika Selesai Membangun Ka'bah Bersama Ismail)"

Poskan Komentar

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).