Doa Niat Mandi Nifas dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Blog Khusus Doa - Mandi setelah Nifas hukum wajib bagi setiap perempuan. Tata cara bersuci atau mandinya sama seperti halnya mandi wajib / mandi junub , yaitu membasahi atau meratakan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, namun niatnya berbeda.

Dalam mandi nifas, dianjurkan untuk menggunakan sabun, melepas gelungan rambut sehingga air bisa sampai ke pangkal rambut. Hal tersebut berdasarkan hadits Aisyah ra, yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang mandi wanita haid. Dia menjelaskan :
“Kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu wudhu dengan sempurna. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya, lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya. Kemudian engkau mengambil kapas bermisik, lalu bersuci dengannya.” (HR. Bukhari no. 314 & Muslim no. 332)
Hadis diatas menunjukkan bahwa mandi nifas tidak cukup dengan hanya mengalirkan air seperti halnya mandi junub, namun harus juga digosok, seperti orang keramas memakai sampo.

Niat Mandi Wajib Nifas Lengkap Bahasa Arab, tulisan Latin dan Terjemahannya
Ilustrasi: Mandi Wajib setelah Nifas

Adapun untuk lafadz niat mandi wajib setelah nifas lengkap bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIN NIFAASI LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta'ala

Catatan:
Untuk lebih memahami tentang mandi wajib secara detail, silakan simak penjelasannya pada link berikut : Niat Mandi Junub (Mandi Wajib setelah Berjima', Haid, Wiladah dan Nifas)

Itulah bacaan niat mandi wajib setelah nifas yang patut kita pahami dan hafalkan. Seperti diketahui, nifas adalah darah yang keluar dari rahim yang disebabkan melahirkan / setelah melahirkan. Umumnya darah nifas keluar selama 40 hari setelah melahirkan. Selama masa nifas, seorang perempuan dilarang untuk shalat, puasa, dan berhubungan badan dengan suaminya.

Dan apabila darah nifas sudah tidak keluar (sudah berhenti nifasnya), maka diwajibkan untuk bersuci atau mandi wajib dengan niat seperti yang sudah kami paparkan diatas.  

3 Responses to "Doa Niat Mandi Nifas dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap"

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).