Doa Ihram Haji dan Umroh Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Berikut ini kami share lafadz doa ihram saat haji dan/atau umrah. Seperti diketahui, ihram merupakan salah satu rukun haji yaitu syarat wajib yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji. Ihram memiliki tempat-tempat tertentu yang dikenal dengan nama miqat. Dalam pengertiannya, menurut istilah syara' ihram yaitu memasuki ibadah haji.

Dalam wikipedia dijelaskan, ihram adalah keadaan seseorang yang telah beniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah. Mereka yang melakukan ihram disebut dengan istilah tunggal "muhrim" dan jamak "muhrimun". Calon jamaah haji dan umrah harus melaksanakannya sebelum di miqat dan diakhiri dengan tahallul.

Adapaun untuk lafadz bacaan doa ketika ihram saat haji dan umrah adalah sebagai berikut lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya.

Bacaan Doa Ihram Haji dan Umrah Lengkap
Ilustrasi: Ihram (Pakaian Ihram)

Bacaan Doa Haji dan Umrah - Doa Ihram

اَللهُمَّ إِنِّىْ اُحَرِّمُ نَفْسِىْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِىْ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA INNII UHARRIMU NAFSII MIN KULLI MAA HARROMTA 'ALAL MUHRIMI FARHAMNII YAA ARHAMARRAAHIMIINA
Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala apa yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram karena itu rahmatilah aku ya Allah yang Maha Pemberi Rahmat

Itulah bacaan doa ihram haji dan/atau umrah dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya. Perlu kita pahami, ketika ihram diharamkan untuk melakukan perbuatan-perbuatan tertentu, seperti :
  • Memakai pakaian berjahit
    Adapun untuk Pakaian ihram bagi laki-laki adalah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihram adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian ihram disunatkan putih.
  • Menutup kepala (bagi lelaki) dan muka (bagi perempuan)
  • Memakai Parfum (Wewangian)
  • Bersetubuh
  • Menikah
  • Berkata atau melontarkan ucapan kotor
  • Membunuh binatang dan tumbuhan
  • Memotong rambut/ kuku, dan lain-lain.

Islam mengharamkan orang yang sedang melakukan ibadah haji memakai pakaian yang dijahit mencukur rambut dan memakai parfum, bertujuan untuk menyamaratakan semua manusia. Karena pakaian dan perhiasan adalah pertanda perbedaan tingkat derajat manusia, dan dengan pakaian seseorang dapat dibedakan dari yang lainnya.

Oleh karenanya, Islam melarang semua itu dan menganjurkan memakai pakaian yang serba sederhana sebagai pertanda persamaan di hadapan Allah dan menjalankan ibadah haji. Islam bertujuan hendak menghapus segala macam gejala yang dapat membedakan antara si kaya dan si miskin, dan antara rakyat jelata dan penguasa. Oleh karena itu, kita dapat melihat para jama’ah haji di Arafah telah menanggalkan semua pakaian kecuali hanya memakai pakaian ihram.  


Sumber Referensi :
#Wikipedia
#Facebook IslamPos
#Berkah Armina

0 Response to "Doa Ihram Haji dan Umroh Lengkap Arab, Latin dan Artinya "

Poskan Komentar

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).