Doa Setelah Tadarus Al-Qur'an Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Bacaan doa setelah tadarusan (tadarus al-Qur'an) sama halnya seperti doa setelah membaca Al-Qur'an, karena pada dasarnya tadarusan adalah membaca Al-Qur'an yang dilakukan secara berjama'ah, dimana satu orang membaca Al-Qur'an dan yang lainnya menyimak.

Nah, karena saat tadarusan dilakukan oleh banyak orang, maka doanya pun menjama' ke banyak orang (kami), berbeda saat berdoa sendirian yang ditujukan hanya kepada diri sendiri (saya). Maka dari itu, lafadz doa setelah tadarusan al-Qur'an ditujukan kebanyak orang sehingga lafadz doa selengkapnya adalah sebagai berikut :

Doa setelah Tadarusan - Tadarus Al-Qur'an Bulan Puasa Ramadhan
Ilustrasi : Tadarus Al-Qur'an (Tadarusan)

اَللهُمَّ ارْحَمنَا بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَانَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا. وَارْزُقْنَا تِلاَ وَتَه آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLAAHUMMARHAMNAA BIL QUR'AANI. WAJ'ALHU LANAA IMAAMAN WA NUURAN WA HUDAN WA ROHMAH. ALLAAHUMMA DZAKKIRNAA MINHU MAA NASIINAA WA 'ALLIMNAA MINHU MAA JAHILNAA. WARZUQNAA TILAA WATAHU AANAA-AL LAILI WA ATHROOFAN NAHAAR. WAJ'ALHU LANAA HUJJATAN YAA RABBAL 'AALAMIINA.
Artinya :
“Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagi kami cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah kami lupa dan ajarkan kepada kami apa yang tidak kami ketahui darinya, anugerahkanlah pada kami kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagi kami, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Itulah bacaan doa setelah tadarus Al-Qur'an yang dapat kami share. Doa tersebut diatas selalu kami baca bersama-sama setelah selesai tadarussan. Anda juga bisa membaca doa-doa lainnya, tidak harus sama seperti doa diatas. Seperti diketahui, tadarusan atau tadarus Al-Qur'an dilakukan selama bulan puasa ramadhan setelah sholat tarawih dan biasanya juga dilanjutkan setelah sholat subuh, begitu juga seterusnya. 

1 Response to "Doa Setelah Tadarus Al-Qur'an Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. Min doa setelah membaca AL Quran sama doa setelah tadarus AL Quran bedanya dmn ya? Bukannya membaca AL Quran sama dengan tadarus AL Quran tapi doanya kok sedikit berbeda ya ? Mohon penjelasannya lebih lanjut

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).