Doa Ketika Minum Air Zam-zam Lengkap Terjemahannya

Blog Khusus Doa - Ketika minum air zam-zam apakah dianjurkan untuk berdoa? Pertanyaan tersebut sering kita dengar dikalangan masyarakat, karena sebagian masyarakat meyakini ada doa khusus ketika minum air zamzam, dan ternyata ada juga yang belum hafal dengan lafadz doa minum air zam-zam tersebut.

Sebagaimana yang telah kami baca dan pelajari, bahwa ada sebuah riwayat dari Ad Daruquthniy (namun ini bukan perkataan Rasulullah SAW), hanya doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa ketika minum air zam-zam. Dan doa inilah yang sampai sekarang diamalkan oleh sebagian orang ketika meminum air zamzam.

Berikut adalah lafadz doa selengkapnya.

Doa Minum Air Zamzam beserta Arti terjemahannya
Ilustrasi: Minum Air (Zamzam)

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ

ALLAHUMMA INNII AS ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA AN MIN KULLI DAA IN
Artinya :
Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.

Lantas, apakah Rasulullah SAW tidak membaca doa ketika meminum air zam-zam? Ada sebuah hadits shahih dari Nabi SAW, bahwa beliau pernah minum air zam-zam sambil berdiri. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari,

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم
Artinya :
“Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah SAW dan beliau meminumnya sambil berdiri.”

Dalam riwayat lain, dari Rasulullah SAW bahwa khasiat air zam-zam itu tergantung pada maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yang mustajab.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda,
ماء زمزم لما شرب له
Artinya :
“Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.”

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya tentang hadits di atas, lalu beliau menilai bahwa hadits tersebut shahih.

Nah, dari beberapa penjelasan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa tidak ada doa-doa khusus ketika minum air zamzam yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, tetapi kita dianjurkan untuk berniat dengan keniatan yang baik ketika minum air zamzam serta berdoa setelah meminum air zam-zam, karena doanya mustajab sebagaimana para ulama menyimpulkan riwayat Nabi SAW seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Adapun untuk lafadz doa ketika minum air zamzam sebagaimana yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas bukanlah perkataan Nabi. Jadi intinya, ketika minum air zam-zam hendaknya berniat dengan niatan yang baik dan berdoa pada Allah setelah minum air zam-zam.

Demikian yang dapat kami sampaikan,   semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada kita semua dengan minum air zam-zam. Amien.

Sumber Referensi :
#http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/doa-ketika-minum-air-zam-zam.html

2 Responses to "Doa Ketika Minum Air Zam-zam Lengkap Terjemahannya"

  1. Trma ksh atas infonya sangat membantu,semoga allah swt membalas kebaikan atas infonya

    BalasHapus
  2. Klau ga salah bkn di ajarkan klau kita minum tdk blh sambil berdiri

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).