Hikmah Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah

Blog Khusus Doa - Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang muslim meyakini bahwa Surat Al-Waqiah memiliki hikmah dan keberkahan serta keutamaan yang mampu mengatasi masalah ekonomi. Barang siapa yang mengamalkan dan/atau membaca Surat Al-Waqiah secara rutin (istiqomah), Insya Allah akan dipermudah jalan rezekinya, sehingga perekonomiannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.  

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah serta Hikmahnya. Dan yang paling populer di masyarakat kita yaitu bahwa Surat Al-Waqiah dapat menjadi perantara seseorang digampangkan rejekinya, sehingga bisa terhindar dari kemiskinan. Beberapa diantara Hikmah selengkapnya antara lain sebagai berikut :

Hikmah dan Keutamaan Surat Al-Waqiah Lengkap
Ilustrasi : Membaca Al-Qur'an Surat Al-Waqiah

  1. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
  2. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
  3. Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Wâqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
  4. Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
  5. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).
  6. Berkata Masruq: “Siapa ingin mengetahui cerita orang-orang terdahulu dan orang-orang terkemudian, serta cerita ahli surga dan ahli neraka, penduduk dunia dan akhirat, maka bacalah surat Al-Waqi’ah”. (Tafsir Jamal, Juz IV halaman 269)
  7. Dengan mewiridkan surat Al-Waqi’ah sebagai bacaan rutin setiap hari dan malam, maka Allah menjauhkan kefakiran selamanya. Sa’d Al Mufti mengatakan, bahwa hadist ini shahih.
  8. Ibn Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa, bahwa Rasulullah saw bersabda “Surah al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu.”
  9. Riwayat daripada Ibn Mas‘ud: al-Azkar, al-Jami al-Soghir, bahwa Rasulullah saw bersabda “Sesiapa yang membaca surah al-Waqiah pada setiap malam ia tidak akan ditimpa kefakiran.”
  10. “Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)
Itulah beberapa Keutamaan, Hikmah atau Fadhilah Membaca Surat Al-Waqiah. Seperti diketahui, Surat Al-Waqiah adalah surat ke 56 yang terdiri dari 96 ayat, dan termasuk golongan-golongan surat-surat makkiyah. Adapun isi pokok Surat Al-Waqiah yaitu tentang keimanan, gambaran peristiwa kiamat, gambaran tentang surga dan neraka . 

3 Responses to "Hikmah Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah"

  1. Apa ini berdasarkan hadits yang shoheh?

    terimakasih

    BalasHapus
  2. Mantap artikel yg bermnfaat skali

    BalasHapus
  3. mau tanya dong min, kalo kita baca alwaqiah niatnya buat menta kekayaan , di qobul gak? kalo baca alwaqiah buat menta kekayaan , itu berarti bacanya istiqomah gak sih min?

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).