Doa Setelah Membaca Surat Yasin Bahasa Arab dan Terjemahannya

Blog Khusus Doa - Surat Yaasin merupakan Surat Al-Qur'an yang begitu istimewa, surat yasin memiliki fadhilah dan keutamaan yang luar biasa. Rasulullah SAW bersabda "Setiap sesuatu ada jantungnya dan jantungnya Al-Qur'an yaitu Surat Yaasin. Barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah SWT tuliskan bacaannya dengan sepuluh kali membaca Al-Qur'an" (HR. Tirmidzi). . Dalam riwayat lain, hadits shahih yang diriwayatkan dari Abu Bakar dan Ibnu Abbas r.a, disebutkan "Barangsiapa membaca Surat Yasin sampai pada ayat "IZ JAA AHAL MURSALUUN" berdoa kepada Allah, maka dikabulkan permohonannya".

Sungguh suatu hikmah dan keutamaan yang sangat luar biasa dari mengamalkan atau membaca Surat Yasin. Dan seperti Surat Al-Qur'an lainnya, setelah selesai membacanya maka dianjurkan untuk berdoa. Adapun Doa Setelah Membaca Surat Yasin  adalah sebagai berikut:

Bacaan doa setelah membaca surat yasin lengkap arab dan artinya
Ilustrasi : Berdoa setelah membaca Surat Yaasiin


Doa Setelah Membaca Surat Yasin
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ.
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكْ، اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ.
اَللهُمَّ بِحَقِّ يس، وَلْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ، وَبِمَنِ اخْتَرْتَهُ لِلرِّسَالَةِ وَالنُّبُوَّةِ وَالْوِلاَيَةِ وَالْهِدَايَةِ إِلَى الصِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ، وَبِجَمِيْعِ مَا جَاءَ بِهِ مِنْكَ جِبْرِيْلُ، تَنْزِيْلَ الْعَزِيْزِالرَّحِيْمِ، وِبِخَوَآصِّ الْحُرُوْفِ وَاْلأَسْمَاءِ التَّامَّاتِ، وَبِمَا أَظْهَرْتَ فِي الْوُجُوْدِ لِكُلِّ مَوْجُوْدٍ مِنَ اْلآيَاتِ الْبَيِّنَاتِ، وَبِخَفِيِّ لُطْفِكَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَهْمُوْمِ، اَلْمُخَلِّصِ لَكُلِّ مَدْيُوْن، يَامُجْرِيَ الْبِحَارِ وَالْعُيُوْن، يَامَنْ خَزَائِنُهُ بَيْنَ الْكَافِ وَالنُّوْنِ، وَعَلِمَ بِمَا كَانَ قَبْلَ أَنْ يَكُوْنَ.
نَسْأَلُكَ اللهُمَّ أَنْ تَسْأَلَكَ بِنَا حَادَّةَ رَضَاكَ، وَأَنْ تَجْعَلَنَا أَهْلاً وَمَحَلاًّ لِسَعَادَتِكَ وَغِنَاكَ، وَأَنْ تُيَسِّرَلَنَا جَمِيْعَ الْمُرَادَاتِ وَالْمَطَالِبِ، وَأَنْ تَجْعَلَ رِضَاكَ عَنَّا خَيْرَ مُصَاحِبِ لَّنَا وَرَفِيْقَ، وَأَنْ تُتْحِفَنَا بِالْجَلاَلَةِ وَالْمَهَابَةِ، وَأَنْ تَمُنَّ عَلَيْنَا بِسُرْعَةِ اْلإِجَابَةِ.
اِسْتَجِبِ اللهُمَّ دُعَاءَنَا وَحَقِّقْ فِيْكَ رَجَاءَنَا وَأَدْ خِلْنَا فِيْ حِرْزِ لُطْفِكَ الْمَصُوْنِ، بِسِرِّ قَوْلِكَ : إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنَ، فَسُبْحَانَ الَّذِيْ بَيَدِهِ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْئٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ. سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَهْمُوْمٍ، سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَغْمُوْمٍ، سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ، سُبْحَانَ مَنْ أَمْرُه إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ.
يَامُفَرِّجَ الْهُمُوْمِ، يَامُفَرِّجُ فَرِّجْ، يَامُفَرِّجُ فَرِّجْ، فَرِّجْ عَنَّا هُمُوْمَنَا، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ، يَاذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya :
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan pentadbir seluruh alam, pujian yang melengkapi segala nikmat-Nya dan membelas limpah karuniaNya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala kepujian seperti yang selayaknyaa dengan kebesaran zat-Mu dan keagungan-Mu. Ya Allah, berikanlah rahmaat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Ya Allah Tuhan kami, dengan berkat kebenaran Yaasiin dan kebenaran kitab Al-Qur'an Al-hikmah dan dengan kebenaran orang-orang yang Engkau pilih dengan pangkat kenabiannya, kerasulannya, pemerintahannya dan petunjuk kepada jalan yang betul dan dengan berkat kebenaran semua wahyu yang diturunkan melalui malaikat jibril dan dengan berkat rahmat tiap-tiap huruf dan nama-nama yang sempurna. dan dengan berkat segala sesuatu yang Engkau lahirkan bagi tiap-tiap yang ada daripada segala keterangan yang nyata dan kesucian sifat lemah lembut-Mu yang melepaskan tiap-tiap kerungsingan dan tiap-tiap yang berhutang. Ya Allah Tuhan yang mengalirkan air-air di laut dan air-air yang berada di celah-celah bumi. Ya allah Tuhan yang seluruh perbendarahaanNya hanya di antara kaf dan nuun (daripada perkataan "KUN" yang artinya jadilah maka yang dikehendakiNya pun jadi) tuhan yang mengetahui segala yang telah berlaku dan yang akan berlakku.

Ya Allah Tuhan kami, kami mohon kepadaMu semoga Engkau arahkan kami kepada jalan keridhoanMu menjadikan kami sebagai warga kebahagiaan dan kekayaan-Mu, dan kami mohon semoga Engkau mudahkan kami mencapai segala hajat dan maksud dan supaya Engkau jadikan keridhoanMu itu kepada kami sebaik-baik teman yang menemari kami mencapai kebesaran dan kehebatan dan mengaruniakan kami nikmat. Segeralah doa kami diperkenankan. berikan kepastian akan berjayanya pengharapan kami, masukkan kami dalam pemeliharaan sifat lemah lembutMu demi berkat rahasia firmanMu (yang artinya) "Bahwa sesungguhnya urusan Allah SWT apabila Dia berkehendakkan sesuatu bahwa berfirman Dia baginya "JADILAH" maka sesuatu itupun jadilah ia," maka maha suci Allah SWT Tuhan yang berkuasa penuh memerintah segala sesuatu dan kepadaNya segala-galanya dikembalikan.

Maha Suci Allah SWT Tuhan yang melepaskan segala kerungsingan, Maha Suci Allah SWT Tuhan yang melapaskan kestapaan, Maha Suci Allah Tuhan yang melepaskan beban orang-orang yang berhutang, Maha Suci Allah SWT yang apabila Dia berkehendak sesuatu bahwa berfirman "JADILAH" maka sesuatu yang dikehendaki itupun jadilah ia.

Ya Allah Tuhan yang melepaskan segala kesusahan. Ya Allah Tuhan yang melepaskan apa kiranya kami semua ini daripada segala penderitaan, Ya Allah Tuhna yang hidup, Tuhan yang berkuasa penuh, Tuhan yang empunya kebesaran dan kemuliaan.

Semoga rahmat dan kesejahteraan selalu tercurahkan atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat-sahabatnya, dan segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam.


Itulah bacaan doa setelah membaca surat yasin lengkap arab dan artinya. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang selalu mengamalkan bacaan surat yasin setiap hari dan/atau minimal setiap malan jum'at. Amien-amien Ya Rabbal 'Alamiina.  Dan jangan lupa membaca doa tersebut diatas begitu kita selelsai membaca surat Yasin.

4 Responses to "Doa Setelah Membaca Surat Yasin Bahasa Arab dan Terjemahannya"

  1. MAKASIH POSTINGNYA....SY MHON IJIN COPAS DAN UNTUK DI AMALKAN. MAKASIH

    BalasHapus
  2. Saya gha bisa baca bahasa Arab Latin nya kho gha disertakan

    BalasHapus
  3. Izin Copy dan mengamalkan

    BalasHapus
  4. Terima kasih. Smg Allah SWT memberikan pahala yg berlipat ganda kpd penulis blog khusus doa ini. Aamiin YRA

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).