Doa Mustajab Agar Cepat Bayar Hutang Lunas Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Dipertemuan kali ini kami akan membahas tentang membayar hutang. Lebih jelasnya akan kami share doa agar cepat bayar hutang lunas yang mustajab sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Sahabatnya ketika sedang terlilit hutang.

Dimana Rasulullah SAW membacakan dua ayat Al-Quran dari Surah Ali Imran yakni ayat ke 26 – 27. Yang kemudian sahabat Rasul tersebut mengamalkan ayat-ayat yang diajarkan sebagai doa dan wirid harian, sehingga Allah SWT mengabulkan doanya melunasi hutang dan meluaskan rejeki baginya.

Dan berikut adalah Bunyi ayat Al-qur'an surat Ali Imran ayat ke 26 dan 27, seperti yang diamalkan sahabat Rasul sebagai Doa Cepat Melunasi Hutang dan Hutang Cepat Terbayar

doa agar hutang cepat lunas, doa bayar hutang yang mustajab
Ilustrasi : Bayar Hutang - Lunas

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاء وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاء وَتُعِزُّ مَن تَشَاء وَتُذِلُّ مَن تَشَاء بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -٢٦
QULI ALLAAHUMMA MAALIKA ALMULKI TU’TII AL MULKA MAN TASYAAU WATANZI’U ALMULKA MIMMAN TASYAAU WATU’IZZU MAN TASYAAU WATUDZILLU MAN TASYAAU BIYADIKA ALKHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIRUN
Artinya :
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".
تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ -٢٧
TUULIJU ALLAYLA FII ALNNAHAARI WATUULIJU ALNNAHAARA FII ALLAYLI WATUKHRIJU ALHAYYA MINA ALMAYYITI WATUKHRIJU ALMAYYITA MINA ALHAYYI WATARZUQU MAN TASYAAU BIGHAYRI HISAABIN
Artinya :
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

Itulah Doa Agar Hutang Cepat Terlunasi/Terbayar. Jika Anda memiliki banyak hutang, silakan amalakan dua ayat dari surat ali Imron di atas dengan jumlah yang semampu anda. Amalkan setelah sholat fardu atau setelah sholat hajat. Insya Allah jika anda punya banyak hutang, hutang anda akan cepat lunas dan rezeki melimpah ruah. 

Dalam kehidupan sehari-hari, hutang piutang merupakan hal yang wajar. Tapi apa jadinya jika hutang yang sedikit demi sedikit tak kunjung dibayar? Tentu akan membuat hutang menjadi semakin menumpuk, sehingga memungkinkan seseorang sulit untuk membayar/melunasinya. Nah, jika hal ini terjadi pada diri Anda, silakan amalkan doa-doa cepat bayar hutang diatas ya? Insya Allah mustajab.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Rasulullah SAW menegur sahabat Muaz bin Jabal.
“Aku tidak melihatmu di masjid semalam," Rasulullah SAW menegur Sayidina Muaz Bin Jabal r.a. selepas selesai berjamaah sholat dzuhur.

"Maafkan aku, wahai Rasulullah. Aku tidak menunaikan sholat semalam. Saat dalam perjalanan ke masjid, aku telah bertemu dan dikurung oleh seorang Yahudi di rumahnya dan tidak perbolehkan ke mana-mana" jawab Saidina Muaz.

"Kenapa?" tanya Rasulullah SAW.

"Aku telah banyak berhutang kepadanya," ujar Sayidina Muaz. "Sehinggalah aku merayu dan berjanji akan melunasi hutang apabila mendapat uang,"

Rasulullah SAW tersenyum sambil menepuk-nepuk bahu Sayidina Muaz dan berkata, "Aku ajarkan kepadamu dua potong ayat. Jika engkau mau mengamalkannya, Allah akan meluaskan rezekimu untuk melunasi semua hutangmu, walaupun hutangmu sebesar gunung banyaknya."

"Mau..ya Rasulullah," jawab Saidina Muaz bersungguh-sungguh.

Rasulullah SAW pun membacakan dua ayat al-Quran yang sudah kami paparkan diatas, yakni QS Ali Imran Ayat 26-27. Dan Sayidina Muaz mendengarnya dengan cermat dan teliti, dan menjadikan ayat tersebut sebagai wirid harian hingga Allah SWT mengabulkan doanya melunasi hutang dan meluaskan rejeki baginya.

Maka tidak ada salahnya, apabila kita sedang terlilit hutang, cobalah untuk mengamalkan doa-doa diatas, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya yakni Muaz bin Jabal.


27 Responses to "Doa Mustajab Agar Cepat Bayar Hutang Lunas Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. Ketika Roh ditiupkan terhadap janin,maka disitulah catatan perjalanan manusia seutuhnya yang tidak bisa dirobah " yang disebut Takdir ", Hanya manusia2 sombong dan mengingkari kekuasaan Allah yang mengatakan takdir bisa dirobah, Kewajiban manusia tawakal,tabah dan selalu menyerahkan diri kpd Allah itulah sesungguhnya manusia2 yang taat, tidak ada Doa yang munstajab,karena semua doa itu sama, selama Allah tidak berkehendak maka,sabarlah, Kun Fayakun ad di Allah, Contoh : ketika seseorang akan di hukum mati di Arab saudi sementara mereka tidak bersalah,seribu X memohon kepada Allah, tetap aj mati di tiang gantungan. Allah tidak memberikan pertolongan apapun..Allah akan berkehendak kepada siapapu,tidak hanya sebatas umat islam.tetapi kpd semua umat manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ayat ''Ud unni astajib lakum '' kita di perintah untuk berdo'a sebagai hamba, dan bersabar.

      Hapus
    2. kalau saya kurang setuju kl takdir seseorang sudah ditetapkan sejak dlm kandungan dan itu tdk biasa dirubah, kl memang begitu buat apa tuhan memberi kesempatan manusia utk bertaubat, berati masuk surga dan neraka seseorang sudah ditentukan sejak dlm kandungan, sungguh tidak adil kl begitu,

      Hapus
    3. Mendengar dari para kyai, bahwa Takdir yang tertulis di Lauh Mahfuzd itu, bisa Alloh rubah, yaitu dengan do'a

      Hapus
    4. Pemahaman tentang takdir masih perlu diluruskan...
      kalau seperti komentar diatas hampir sama dengan putus asah... tidak usah berdoa dan berusaha.... kalau begitu....

      Hapus
    5. Pak Agus yang baik, Perlu dikaji apa itu taqdir(ketentuan) sehingga jangan salah mengartikannya, taqdir adalah sesutu ketentuan yang berlaku sesuai dengan perbuatan/perkataan dan tidak menghalangi dari hal itu sendiri. sebagai contoh,, jika anda mencuri, maka ketentuannya anda akan dihukum.. seandainya anda meminta maaf dan mengembalikan benda curian tersebut dan ahli bait memafkan, tentu anda batal dihukum.. cuma cara mita maaf ada syaratnya juga. gitulah yang namanya do'a.. untuk lebih detailnya... silakan pedomani Al-qur'an dengan baik.. kami semua sayang Pak Agus.. moga Allah menyayangi Pak Agus Juga.. Amin ya rabbal a'lamin.

      Hapus
  2. saya setuju dengan bapak Agus, realisanya agar oarang selalu bersyukur selalu mengingat Allah agar jangan salah arah itu saja.

    BalasHapus
  3. Mohon informasinya hadist diatas riwayat dari imam mana ya?

    BalasHapus
  4. Mohon dicek kembali teks arabnya pada ayat 27. ...mayyiti..mayyita.
    Bentuk huruf "ro" dan "dal" kenapa sama.

    BalasHapus
  5. Maaf.. Ralat utk komen saya. Huruf "ro" dan "dal" sdh sesuai

    BalasHapus
  6. Dalam sebuah hadits Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan bahwa taqdir yang Allah ta’aala telah tentukan bisa berubah. Dan faktor yang dapat mengubah taqdir ialah doa seseorang.



    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ
    إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ (الترمذي)

    Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

    BalasHapus
  7. doa adalah perbuatan.apabila doa namun tak unjuk berbuat dan usaha tak ada arti,alloh tidak memberikan sesuatu diluar hanya berdoa saja namun harus diikuti usaha,tak ada rezeki yg jatuh tiba tiba sebelum ada musababnya,usaha berdoa dan bersabar mungkin cocok utk kunci hidup setiap manusia,

    BalasHapus
  8. Asalamu alaikum, antara takdir dan doa Itu mungkin berkaitan, takdir adlh ketentuan sedangkan doa adlh suatu bentuk permohonan. Semua doa dr al quran di jamin mustajab tp smua ada tata caranya agar doa di ijabah.jngn salahkan doa nya jika permohonan blm di kabulkan,di situlah ujian yg hrs kt hadapi dngn kesabaran serta tawaqal. Dan perlu di ingat Semua tergantung dr pd niat dan istiqomah kita dlm mlakukan permohonan. kehidupan smuanya sdh di atur jd tinggal kita yg memohon mau di posisikan dimana diri kita dlm kehidupan semesta,dan ingat tuhan maha pemurah Lg maha penyayang.
    Nb. Jangn pernah salahkan doa knapa permohonan blm jg di kabulkan tp koreksilah diri apakah kita sdh layak dan bersyukurlah atas nikmat NYA karna sesungguhnya ALLAH telah melaksanakan ketentuanya dan barang siapa bertaqwa dan bertawaqal kepadaNYA niscaya ALLAH akan slalu dekat dngan kita dan doa doa pasti akan di ijabah. jadikanlah doa sebagai permohonan akan pertolongn ALLAH dan jadikan Kitab suci AL QURAN sbagi petunjuk kehidupan kita.

    BalasHapus
  9. Mas agus belajar agama dimana..apa mas agus tau isi keseluruhan perjanjian saat roh ditiupkan kejanin...dan mas agus tau dong asal usul diri kita..mas agus juga tau Muhammad SAW itu siapa....berarti sabda2nya semua bohong dong dan mas agus juga tau ASMAUL HUSNA berarti nama2 itu bohong juga dong...mas agus juga tau ada sholat sunnat hajat,tahajud,dhuha dan lain2 berarti percuma dong kita jalankan karna g bisa juga ngerubah takdir...pdhal semua sholat itu anjuran-NYA..jd mas klu kita hanya secuil memahami agama lebih baik g usah memberikan koment yg membuat persepsi umat menyimpang..kenalilah dulu diri kita dengan sekenal kenalnya sehingga kita dapat mengenal Tuhan YME sehingga kita mendapatkan cintanya dan akhirx kita dapat memahami rahasia dari agama Islam karna awal agama itu mengenal ALLAH SWT

    BalasHapus
  10. Pa agus pemikiranya lebih ke faham mu'tazilah. Takdir bisa di rubah,banyak sekalibriawayat yg berkenaan dengan itu.mgkin saran saya bisa lebih mempelajari lagi mengenai qodho dan qodar.

    BalasHapus
  11. ada waktu yang mustajab untuk berdoa, ada tempat yang mustajab untuk berdoa,ada juga doa yang mustajab untuk meminta. buka buku hadis bukhori muslim..akan sangat panjang kalau saya rangkum semua di sini. buat bro agus jangan berfatwa tanpa dalil..ingat

    BalasHapus
  12. Terima Kasih Motivasinya Semoga Kebaiakan Saudara/i dapat Imbalan Dari Allah SWT yang Berlipat Ganda Dan Mohon Maaf Saya sudah Membaca dan mengopi Hasil Karya saudara/i mohon ijin membaca Atau Mohon Ijazahnya Dan Do'anya Semoga Saya menjadi orang yang selalu Bertaqwa Kepada ALLAH SWT Aamiinn

    BalasHapus
  13. Insyaallah hutang piutang kt akan lunas.

    BalasHapus
  14. saya setuju sama pendapat pak suriansyah.

    BalasHapus
  15. Pengertian menurut pemahamanku Takdir adalah Ketetapan Tuhan Yang tidak bisa / Tidak boleh diingkari Contoh : Laki-Perempuan, Siang-Malam, Baik-Buruk, Kaya-Miskin, dll, selain itu adalah Nasib yaitu bagaimana manusia itu sendiri mengelola kehidupannya. Kalau kita melihat segala sesuatu kita bilang Takdir maka kita menjadi cengeng dan selalu menyalahkan Allah SWT.

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan pak suriansyah

    BalasHapus
  17. maaf untuk para sodara semua saya mau tanya gmna caranya agar doa kita di ijabah ?

    BalasHapus
  18. Doa nya untk zikir kan ?
    Terus kita harus baca brpa kali ?

    BalasHapus
  19. alhamdulillah tambah pengetahuan

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).