Doa Khusus bagi Mayit Laki-laki dan Perempuan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Berikut ini kami share lafadz bacaan doa khusus untuk mayit (jenazah) baik mayit laki-laki maupun perempuan lengkap dalam bahasa arab, tulisan lantin serta terjemahannya. Jika saudara, kerabat dan/atau keluarga kita sudah ada yang meninggal, maka sering-seringlah mengirim doa untuk mereka (Doa untuk Mayit), terlebih jika kedua orang tua kita yang sudah meninggal, maka sebagai anak yang sholeh/sholehah tentu akan selalu mendoakannya. 

Mendoakan mayit atau orang-orang yang sudah mendahului kita sangat dianjurkan bagi orang-orang yang masih hidup, misalnya ketika sedang ziarah kubur, setelah membaca Surat Yasin setiap malam jum'at maka jangan lupa untuk mendoakannya (orang-orang yang sudah meninggal). Adapun untuk bacaan doa khusus bagi mayyit adalah sebagai berikut :

doa khusus untuk jenazah, mayit laki-laki dan perempuan
Ilustrasi : Berdoa untuk Mayit (Orang yang sudah meninggal)

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

ALLAAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU WA'AAFIHII WA'FU ANHU WA AKRIM NUZU LAHU WA WASSI' MADKHOLAHU WAGHSILHU BILMAAI WATS-TSALJI WALBARODI WANAQQIHI MINAL KHOTHOOYAA KAMAA YUNAQQOTS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHI WA AHLAN KHOIRON MIN AHLIHI WAZAUJAN KHOIRON MIN ZAOJIHI WA ADKHILHULJANNATA WA 'AIDZHU MIN 'ADZAABILQOBRI WAFITNATIHI WAMIN 'ADZAABINNAARI. ALLOOHUMMAGHFIR LIHAYYINAA WAMAYYITINAA WASYAAHIDINAA WAGHOOIBINAA WASHOGHIIRONAA WAKABIIRONAA WADZAKARINAA WAUNTSAANA. ALLOOHUMMA MAN AHYAITAHU MINNAA FA AHYIHI 'ALAL ISLAAMI WAMAN TAWAFFAITAHU MINNAA FATAWAFFAHU 'ALAL IIMAANI. ALLOOHUMMA LAA TAHRIMNAA AJROHU WALAA TUDHILLANAA BA'DAHU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIINA. WALHAMDU LILLAAHI ROBBIL 'AALAMIINA.
Artinya :
Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Itulah Lafadz Doa Khusus untuk Mayit. Jangan lupa untuk selalu mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita, karena suatu saat nanti kita pasti akan menyusulnya. Dan dengan selalu mengirim doa kepada orang-orang yang sudah meninggal, terutama kedua orang tua dan/atau keluarga, semoga nanti ketika kita meninggal juga selalu dikirimi doa oleh orang-orang yang masih hidup. Amien. 

13 Responses to "Doa Khusus bagi Mayit Laki-laki dan Perempuan Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. terima kasih atas doa-doanya

    BalasHapus
  2. Bagus, lengkap,ilmu yg bermanfaat. Semoga menjadi amal jaariyah
    Aamiin yaa Allah yaa Robbal'aalamiin.

    BalasHapus
  3. Tuntunan doa yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, Ilmu yg kamu berikan pada kami semua akan menjadikan amal Jariyah yg selalu mengalir ketika kamu wafat hingga yaumul Hisab, teruslah berkarya bagi sesama dengan Ilmu yg sangat bermanfaat, Amin

    BalasHapus
  5. Terimakasih sangat bermanfaat
    Semoga Allah memberi rahmatnya kepada kita semua, amin

    BalasHapus
  6. syukron katsiron semoga doa ini bermanfaat bagi orang awam khusnya bagi saya yg belm tahu doa untuk mayit dan mnjadi amal ibadah bagi penulisnya amiinn.

    BalasHapus
  7. izin copas dan mohon izin untuk kami bacakan bersama jamaah semoga menjadi manfaat dan berkah amin

    BalasHapus
  8. assalammu alaikum, mhon maaf sebelumnya. judulnya doa untuk mayit laki2 & perempuan, ttpi spengetahuan sya ini doa lbih di khususkan untuj mayit laki2. mhon penjelasannya.

    BalasHapus
  9. alhamdulillah doa ini sesuai hadits nabi. terimaksih banyak ya akhwan

    BalasHapus
  10. SAYA SUKA SEKALI DENGAN DOA-DOA TERSEBUT DI ATAS DAN SANGAT MEMBANTU BAGI SEMUA YANG BARU MEMPELAJARINYA. TERIMA KASIH.

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).