Bacaan Tahiyat Awal / Tasyahud Awal Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Tasyahhud / Tahiyyat Awal merupakan salah satu dari sekian banyak sunnah dalam shalat. Dan tasyahhud awal ini termasuk dalam sunnah ab'adh yaitu gerakan dan/atau bacaan dalam shalat yang apabila lupa dikerjakan, maka harus diganti atau ditebus dengan sujud sahwi.

Dalam prakteknya, bacaan tahiyat atau tasyahud awal hanya dilakukan dalam sholat yang jumlah roka'atnya lebih dari dua raka'at, seperti sholat dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Sedangkan dalam sholat subuh tidak ada tahiyyat awal karena jumlah raka'atnya hanya dua (2 rakaat), begitu juga ketika mengerjakan sholat sunnah.

Adapun untuk lafadz bacaannya  dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap dengan terjemahannya adalah sebagai berikut :

bacaan doa tasyahhud awal atau tahiyat awal lengkap
Ilustrasi : Tahiyyat (Membaca Doa Tasyahhud Awal)

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN.
Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad.
Itulah Bacaan Tasyahud / Tahiyyat Awal dalam Sholat lengkap Bahasa Arab, tulisan latin dan artinya. Sebagaimana pendapat mayoritas para ulama, bahwa bacaan tahiyyat awal hanya membaca bacaan tasyahud sampai dua kalimat syahadat dan boleh ditambahi shalawat, seperti yang sudah kami paparkan diatas.  

4 Responses to "Bacaan Tahiyat Awal / Tasyahud Awal Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. dalam sholawat tidak boleh setengah-setengah bro...bacaan diatas ndak ada hadist nya... kalo lebih afdol pake hadist yang membenarkan bahwa rosululloh pernah baca seperti bacaan diatas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumnya pak zaahir,

      Sesuai apa yang saya pelajari dan/atau yang diajarkan oleh orang tua, guru dan ustadz, untuk lafadz tasyahud awal yaitu seperti yang sudah saya paparkan diatas. Memang saya akui saat itu karna masih anak-anak, jadi saya tidak berfikir tentang dasar haditsnya, bahkan mungkin belum tahu tentang ilmu hadits. Jadi sebagai anak didik saya hanya bisa mengikuti apa yang telah diajarkan.

      Setelah dewasa dan saya pelajari, ternyata bacaan tasyahud atau tahiyyat awal diatas merupakan bacaan tahiyyat awal ibnu 'abbas, sebagaimana HR. Muslim no. 403.

      Adapun untuk tambahan bacaan sholawat pada tahiyat awal yaitu minimal membaca : اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ (lihat: Roudhotuth Tholibin, 1: 187)

      Untuk tambahan bacaan sholawat secara lengkap sebagaimana HR. Bukhari no. 4797 dan Muslim no. 406, dari Ka’ab bin ‘Ujroh, yaitu :

      اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

      Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Bacaan diatas sesuai yang saya baca dari kecil sejak saya diajarkan salat.
      Dasar hadits yang dipaparkan saya baru tahu, ternyata ada yang membaca beda ya, sehingga dibilang bacaan diatas tidak ada dasar hadits-nya.

      Hapus
  2. Alhamdulillah yg saya lakukan insyaAllah benar ya Allah,terima kasih atas kehadiran artikel ini karena sangat menambah pengetahuan.Allohuakbar

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).