Contoh Khutbah Jum'at, Khutbah Kedua Sholat Jum'at Singkat Padat dan Berisi Lengkap

Blog Khusus Doa - Dihalaman ini kami akan berbagi Khutbah Kedua Sholat Jumat singkat, padat dan jelas. Sebagaimana yang kita ketahui, dalam sholat jum'at itu terdapat dua khutbah. Khutbah pertama bisa Anda pelajari di kategori Khutbah Jum'at. Adapun Contoh Khutbah Jum'at Kedua akan kami paparkan dibawah ini secara singkat, padat, jelas serta mudah di pahami.

Khutbah Jum'at adalah ucapan atau ceramah yang disampaikan oleh khatib sebelum solat Jum'at yang mengandungi nasihat, peringatan, pengajaran kepada jamaah sholat Jum'at. Khutbah Jum'at merupakan salah satu syarat sah salat Jumat, tanpa ada khutbah maka tidak sah sholat jum'atnya.

Khutbah jum’at harus dengan dua kali khutbah karena kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam demikian adanya. Ini adalah pendapat mayoritas ulama, yaitu ulama Syafi’iyah, Malikiyah dan Hambali. Dan berikut adalah contoh khutbah kedua sholat jum'at yang singkat padat dan berisi. 

Khutbah Kedua Jum'at  singkat padat berisi
Ilustrasi : Khutbah Sholat Jum'at (Khutbah Kedua)

KHUTBAH KEDUA TIAP JUM'AT

اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُلَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَامْتَنَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ تَغْظِيْمًا لِشَأْنِهِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إِلَى رِضْوَانِهِ.
اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِيِّنَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَإِخْوَانِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

Saya panjatkan puji dan syukur kepada Allah atas karunia, taufik dan hidayah-Nya. Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi pula bahwa Muhammad adalah Rasul Allah yang menyeru kepada jalan keridhaan-Nya.

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Para jama'ah yang berbahagia.
Saya serukan kepada Anda semua, bertaqwalah kepada Allah dengan taqwa yang sebenar-benarnya. Berpegang teguhlah kepada Islam dan perilaharalah dirimu dari perbuatan maksiat yang hanya akan menyeretmu ke neraka. Ketahuilah bahwa sebaik-baik perkataan adalah perkataan kitabullah, sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad SAW, dan seburuk-buruknya perbuatan adalah bid'ah, sedangkan setiap bid'ah adalah sesat.

Hendaklah kamu berhimpun dalam jama'ah, karena sesungguhnya kekuasaan Allah itu meliputi jama'ah. Barangsiapa menyimpang dari kebenaran akan dimasukkan ke dalam neraka. Ketahuilah bahwa Allah yang Maha Suci lagi Maha Tinggi memerintahkan kepada kamu suatu perbuatan yang dimuai Diri-Nya sendiri. Maka Allah pun berfirman : 

اِنّ اللهَ وَمَلئِكَتَهُ يَصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيْ يَآيُّهَاالَّذِيْنَ امَنُوْا صَلُّوْ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Artinya :
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS - Al-Ahzab : 56)

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ صَاحِبَ الْوَجْهِ اْلأَنْوَرِ، وَالْجَبِيْنِ اْلأَزْهَرِ، وَارْضَ اللهُمَّ عَنِ اْلأَرْبَعَةِ الْخُلَفَاءِ الرَّشِدِيْنَ وَاْلأَئِمَّةِ الْمَهْدِيِّيْنَ الَّذِيْنَ قَضَوْا بَالْحَقِّ وَبِهِ كَانُوْا يَعْدِلُوْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِى وَعَنِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعِنَا مَعَهُمْ بِعَفْوِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.
اَللهُمَّ أَعِزَّاْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُسْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِّدِيْنَ، اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَالْفِتَنِ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.
رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى اْلاخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، عِبَادَاللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِلْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَأَوْفُوْا بِعَهْدِ اللهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلاَ تَنْقُضُوااْلأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللهُ عَلَيْكُمْ كَفِيْلاً، إِنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَاتَفْعَلُوْنَ فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُاللهِ أَكْبَرُ وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.


Itulah contoh khutbah kedua sholat jum'at yang singkat, padat dan berisi. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Contoh  ini bisa dijadikan referensi bagi Anda yang kebetulan akan menjadi Khotib jum'at ini, dan selebihnya bisa Anda kembangkan lagi.

2 Responses to "Contoh Khutbah Jum'at, Khutbah Kedua Sholat Jum'at Singkat Padat dan Berisi Lengkap"

  1. Thanks infonya, sangat bermanfaat.
    by: Aidilgansyah Abdi

    BalasHapus
  2. Jzakumullah moga bermanfaat n berkah amiin

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).