Bacaan Niat Sholat Sunah Tahiyatul Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Blog Khusus Doa - Assalmu'alaikum?. Kali ini kami akan berbagi lafadz niat sholat tahyatal masjid. Jika teman-teman belum hafal dengan bacaan niat sholat sunah tahiyyatul masjid, marilah kita bersama-sama mempelajari dan menghafalkannya disini.

Apa itu Sholat Tahyatal (Tahiyatul) Masjid? yaitu shalat untuk menghormati masjid, merupakan salah satu sholat sunnah dua rokaat yang dikerjakan ketika seseorang memasuki masjid sebelum ia duduk. Jadi, ketika Anda hendak melaksanakan sholat sunah ini, janganlah Anda duduk terlebih dahulu saat masuk masjid, tetapi langsung mengerjakannya. 

Adapun untuk bacaan niat sholat tahyatal masjid dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut :

Niat Sholat Tahyatal / Tahiyatul Masjid Bahasa Arab Lengkap Artinya
Ilustrasi : Sholat Sunnah Tahyatal Masjid

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI SUNNATAN TAHIYYATUL MASJIDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :
Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena allah ta'ala.

Itulah niat  sholat sunnah tahiyatul masjid lengkap yang dapat kami share. Silakan teman-teman pelajari dan hafalkan serta di amalkan.

Sholat sunnah tahyatal masjid dapat dikerjakan disetiap waktu ketika seseorang masuk masjid dan ingin duduk di dalamnya. Termasuk di dalamnya waktu waktu yang terlarang untuk shalat. Menurut pendapat yang paling kuat di kalangan ulama. Ini adalah pendapat Imam Syafi'i dan lainnya, yang dikuatkan juga oleh Ibnu Taimiyah. Cara mengerjakan shalat tahiyatul masjid sama seperti mengerjakan shalat sunnah lainnya hanya niatnya saja yang berbeda.

Tahiyatul masjid tergolong sebagai penghormatan terhadap masjid. Seolah memberi ucapan salam ketika masuk ke suatu tempat sebagaimana orang yang memberi salam kepada sahabatnya ketika bertemu.

Imam an nawawi berkata bahwa sebagian yang lain mengibaratkannya dengan memberi salam kepada pemilik masjid. Karena maksud dilakukannya shalat tahiyatul masjid adalah mendekatkan diri kepada Allah bukan kepada masjid. Sebab seseorang yang masuk ke rumah orang lain yang diberi salam adalah pemilik bukan rumahnya.

Beberapa anjuran untuk mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul masjid antara lain :
Dari Abu Qatadah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda.
Jika salah seorang dari kalian. Masuk masjid , maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. " ( Hr Al bukhari dan Muslim)

Dari jJbir bin Abdullah Ra , dia berkata bahwa Sulaik Al Ghatafani datang pada hari jumat , Sementara Rasulullah SAW sedang berkhutbah , dia pun duduk,
Maka beliau bertanya:
Wahai Sulaik, Bangun dan sholat sunah 2 rakaat kerjakanlah dengan ringan.
Kemudian beliau bersabda.
Jika salah seorang dari kalian datang pada hari jumat imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua rakaat dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan. (HR Muslim )

4 Responses to "Bacaan Niat Sholat Sunah Tahiyatul Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap "

  1. Terimakasih, telah memberi pengetahuan agama islam dan kebaikan-kebaikannya.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasi yang sangat berharga ini

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali untuk saya pribadi dan umunya untuk semua dan mempertambah pengetahuan

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).