Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum. Salam hangat, penuh semangat untuk kawan semua. Pertemuan kali ini saya akan berbagi bacaan/lafadz niat puasa senin kamis, yaitu salah satu puasa sunnah yang dilakukan setiap hari senin dan hari kamis, karenanya banyak orang yang mengatakan puasa sunah ini adalah puasa senin kamis.

Untuk niat puasa hari senin dan puasa hari kamis sangat mudah. Bagi teman-teman yang belum menghafalnya, tidak perlu khawatir karena disini kita akan belajar bersama menghafalkan bacaan niat puasa sunah senin dan kamis dalam bahasa arab, latian dan artinya lengkap.

Selain kita akan menghafalkan niatnya, disini saya juga akan sedikit memaparkan beberapa keutamaan dan manfaat berpuasa di hari senin dan kami. Penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat puasa senin kamis ini, selengkapnya dapat Anda pelajari pada artikel yang berjudul: "Hikmah dan Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis Menurut Islam"

Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi : Membaca doa niat puasa senin dan kamis

Adapun untuk bacaan doa niat puasa sunah senin kamis adalah sebagai berikut :

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Dan untuk bacaan niat puasa senin kamis untuk hari kamis, bacaannya adalah sebagai berikut:
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Video Lafadz Niat Puasa Senin Kamis


Itulah bacaan lafadz niat puasa sunnah hari senin dan puasa hari kamis dalam bahasa arab, latin dan artinya. Silakan teman-teman baca berulang-ulang kali untuk menghafalkannya.

Tahukah Anda, kenapa Baginda Nabi Muhhamad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :
Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:
Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).
Dalam hadist diatas , maksud dari "Puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Maka dari itu sangat baik untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Apakah teman-teman sudah melaksanakannya? Semoga dengan adanya sedikit ulasan tentang manfaat dan keutamaan puasa senin kamis ini dapat membuka hati para pembaca semua untuk menjalankannya.

Adapun untuk niat doa puasa senin dan kami sudah saya paparkan diatas, silakan teman-teman pelajari dan dihafalkan. Semoga bermanfaat, dan selamat menunaikan ibadah puasa hari senin dan puasa hari kamis.

94 Responses to "Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. terima kasih infonya, sangat bermanfaat - hani-adhani.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonya ,
    Infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Thanks mas gan. ini yg ane butuhkan :D

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya,,
    kalo niatnya. kapan?? sebelum subuh apa sesudah subuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu niatnya sama seperti halnya puasa wajib, yaitu sebelum subuh.....

      Hapus
    2. kalau puasa sunah itu boleh sampai sebelum jam 9, kalau sebellulm subuh itu di wajibkan untuk puasa ramadhan saja

      Hapus
  5. Alhamdulillah, msh ada yg care tentang agama. semoga admin mendapat pahala yg berlimpa. Amiin...

    BalasHapus
  6. Terima Kasih Admin infonya
    Sngat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Alhamdulilah ini sangat,bermanpaat,,timakasihh,,

    BalasHapus
  8. Trims infonya...sangat bermanfaat.Smoga Allah membalasnya.

    BalasHapus
  9. Terima kasih , Insya Allah berkah , amin

    BalasHapus
  10. terimakasih semoga jd amal yg baik , amin

    BalasHapus
  11. terima kasih yang sebesar besar nya....

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah jd bsa tau.mksih atas sharenya,.smoga dpt pahala

    BalasHapus
  13. Ternya mudah yah,niatnya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Terimakasih, sangat bermanfaat,

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah bermanfaat, tks atas infonya...

    BalasHapus
  16. AlhAmdulillah,terima kasih ilmunya.

    BalasHapus
  17. Puasa itu dapat menyehatkan tubuh jika rajin menjalankannya. Tidak hanya mendapatkan kesehatan, tetapi akan mendapatkan ridho Allah ta'ala. Pengetahuan_santri

    BalasHapus
  18. Terima kasih , semoga berkah untuk kita semua... aamiin - sukron admin sudah share.

    BalasHapus
  19. Terimakasih kak, bermanfaat banget

    BalasHapus
  20. alhamdulillah ada blog seperti ini jadi bagi yg mau puasa senin kamis bisa tau niat bacaannya. terima kasih buat admin semoga bermanfaat bagi semua orang. amin

    BalasHapus
  21. mksh. sy suka dgn artikel doa doa. untuk mengingat saat sy lupa.

    BalasHapus
  22. Trimakasih infonya sangat bermanfaat bnget .


    Jazakallah

    BalasHapus
  23. Trimakasih sangat brmanfaat info nya

    BalasHapus
  24. Maturnuwun/ terimakasih sungguh sangat bermanfaat, selama ini saya niatnya menggunakan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  25. Terima kasih admin...semoga kebaikan ini di ganti pahala amin..dn smg Berkah d manfaat buatku aminn

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas informasinya.

    Kalau puasa jangan lupa juga olahraganya supaya seimbang.

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. terimakasih infonya, kami izin copy.. untuk menjalankan ibadah puasa senin kamis, semoga antum yang buat artikel ini, senantiasa di barkahi olah Allah SWT. aminn, hormat terimakasih kami dari SAMPIT (KALIMANTAN TENGAH)

      Hapus
  28. themes blog nya bagus mas,.. boleh tau mas namanya apa? klo dikasih saya juga terima...hehe

    BalasHapus
  29. alhmdulillah ,thanks brmanfaat sx

    BalasHapus
  30. Selain keterangan yg di atas
    Puasa senin kamis itu ada ke istemawaanyg lain ga?

    BalasHapus
  31. Terimaksh semua impormasinya doai saya bisa melaksanakanya.semoga antum semamtiasa ada dalam rahmat alloh swt amin.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah blog sangat membantu, jadi bagi yg mau puasa senin kamis bisa tau niat bacaannya. terimakasih admin atas infonya semoga bermanfaat bagi banyak orang. Salam hangat by Cepithea

    BalasHapus
  33. assalamualaikum. syukron admin infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah dg adanya ini merupakan petunjuk bg kami khususnya, slrh ummat islam umum nya, md2han dpt pahala... Amin amin y rabbal al...

    BalasHapus
  35. insyaallah akan sangat berguna bg kita dunia ahkirat nanti

    BalasHapus
  36. Makasih infonya,kalau puasanya saurnya pakai nasi putih nd air putih itu jadi puasa apa namanya??? Ttep puasa sunah juga kah itu

    BalasHapus
  37. Makasih info nya sangat berguna

    BalasHapus
  38. terima kasih atas informasi dan postingannya .. semoga bermanfaat dan berguna .. amin yra :)

    BalasHapus
  39. Assalamulaikum..
    saya mau tanya. Misalkan saya hendak puasa senin kamis,tetapi pada hari seninnya saya tidak berpuasa. Apakah saya masih boleh puasa di hari kamis ?
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puasa senin & Kamis adalah sunah jadi mau dilaksanakan keduanya boleh salah satu juga g apa2, terus waktu niatnya selama dari sebelum imsak sampai jam 9 belum makan minum diperbolehkan baca niatnya

      Hapus
  40. Terimakasih infonya... jdi tmbah ilmu pengetahuan..😊

    BalasHapus
  41. mas Nulis arabnya pake tool apa...? maaf kalo terlalu kepo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake Microsoft Word mas...
      Tp pastikan bahwa komputer atau laptop sudah terinstal arabic

      Hapus
  42. Thanks mas.. bermanfaat..
    izin coppy.. :)

    BalasHapus
  43. Bermanfaat banget postinganya mas 😀

    BalasHapus
  44. Trimaksh utk infony,smoga brmnfaat utk smua

    BalasHapus
  45. Terima kasih atas infonya semoga bermanfaat amin

    BalasHapus
  46. Terima kasih atas infonya semoga bermanfaat amin

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah masih nemu blog yg share soal ilmu bermanfaat seperti ini :)

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah sangat membantu .....trima kasih

    BalasHapus
  49. terima kasih untuk informasinya, semoga diberi kesehatan selalu...

    BalasHapus
  50. Masya ALLAH...jazakallah khairan

    BalasHapus
  51. Terima kasih infonya.
    Semoga barokah utk kita semua.

    BalasHapus
  52. Trm ksh ats ilmu nya, smga kta mndpt phla dgn mngrjln puasa trsbt.amin

    BalasHapus
  53. Terimakasih atas pengetahuannya,,, semoga kita semua mndapat pahala dgn mengerjakan dan melaksanakannya,,, amin,,,

    BalasHapus
  54. terima kasih imlu nya semoga bermanfaat....amin

    BalasHapus
  55. Terimakasih info ny sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  56. Infonya sangat bermanfaat, terimakasih.

    BalasHapus
  57. terima kasih sangat membantu.
    kalau untuk niat buka puasa senin dan kamis gmna lafads nya?apa sama aja dgn lafads niat buka puasa ramadhn.

    BalasHapus
  58. karena puasa dapat menyehatkan tubuh dan menghilangkan racun (y)

    berkah

    BalasHapus
  59. Ass.. kalau puasa wajib blm dilaksanakan sperti qada bln ramadhan apakah boleh puasa sunnah trlebih dahulu?

    BalasHapus
  60. makasih min udah share doanya, smoga jadi amal jariyah ya min..

    salam dari Kuya Hejo's Blog

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum....blog ini sangat bagus,,,sya mendukung sekali ada'y blog seperti ini yg di butuhkan oleh semua kalangan,,,trims

    BalasHapus
  62. Artikelnya sangat bermanfaat, semoga berkah aamiin 👍

    BalasHapus
  63. Artikelnya sangat bermanfaat.makasih gan info nya😂

    BalasHapus
  64. Alhamdulillah saya jd tau niat puasa sunah senin dan kami, artikel ini sangat membantu. Terima kasih mas!

    BalasHapus
  65. ALhamdulillah terimakasih gan atas sedikit penjelasan nya tentang puasa senin Kamis,semoga dengan adanya sedikit penjelasan ini Kami dapat tetap menjaga pusa Senin kamis dengan baik.Sangat bermanfaat terimakasih gan,semoga amal agan dilipat gandakan oleh Allah SWT,AMIN

    BalasHapus
  66. Sya pernah denger, ktanya puasa senin kamis itu bisa juga untuk mendaaapatkan gadis idaman . Ap bner sih

    BalasHapus
  67. syukron y akhi...
    horas....

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).