Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya

Assalamu'alaikum. Salam sejahtera, semoga teman-teman tetap dalam lindungan-Nya. Amien. Kali ini saya akan berbagi lafadz doa qunut lengkap dalam bahasa arab, doa qunut bahasa latin serta terjemahan dari doa qunut.

Teman-teman pasti tahu kan "Apa itu Doa Qunut?". Yaitu, doa yang secara umum dibaca pada waktu i'tidal atau berdiri dari ruku' akhir pada shalat subuh dan shalat witir. Kata Qunut sendiri berasal dari kata "Qanata" yang artinya patuh dalam mengabdi (kepada Allah). Adapun hukum membaca doa qunut adalah sunnah muakkad (ab'ad) atau sunnah yang diperkuat. Namun para imam dan ulama mazhab berbeda pendapat tentang pelaksanaan doa qunut.

Dan berikut adalah lafadz doa qunut dalam bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya
Ilustrasi : Orang membaca doa qunut

Bacaan Doa Qunut dalam Bahasa Arab
اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut (Latin)
Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.


Video Bacaan Doa Qunut



Dalam prakteknya, bacaan doa qunut diatas adalah untuk orang-orang yang menjadi ma'mum atau sholat sendirian (Bacaannya : Allah hummah DINII fiiman hadait). Namun, apabila Anda menjadi imam, maka bacaannya diganti (Bacanya : Allah hummah DINAA fiiman hadait) dan seterusnya. Karena makna kata "NII" (DINII) merujuk kepada diri sendiri (Saya) dan kata "NA" (DINA) merujuk kepada orang banyak (Kita).

Islam membagi qunut menjadi dua. Pertama; qunut nazilah yaitu qunut yang dilakukan atau dibaca saat adanya bencana. Kedua; qunut shalat yaitu qunut yang dibaca pada waktu i’tidal (berdiri setelah ruku’) setiap akhir roka’at pada shalat subuh dan shalat whitir, sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga bacaan lafadz doa qunut shalat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien.

67 Responses to "Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya"

  1. Ma'af.. koreksi dikit, ditulisan (latin) "Allah hummah dini fiman hadait. Wa'a fini fiman 'afait. Watawallani fiman tawalait. Wabarikli fimaa a'tait..." Setahu saya tulisan 'fiman' 'dini' harusnya fiiman dan dinii karna ada huruf 'ya' setelah kasrah berlaku mad thabi'i dibaca 2 harakat.
    Lalu di tulisan "..Waqinii syarramaa qadzait..'' 'qadzait' harusnya 'qadhait' karna tulisan arabnya pake dha. Udah itu aja. Makasih, nice blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih koreksinya,
      sudah kami cek dan diperbaiki.
      Semoga bermanfaaat

      Hapus
    2. koreksinya sudah aku ganti dan di ingat jangan salah nulis lagi yaaaa?


      Hapus
    3. Terima kasih untuk pembetulan tulis latin sekarang aku bisa hafalan surat Qunut

      Hapus
  2. nah saya nemu Doa qunut mp3 versi androidnya. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Saya biasa baca tanpa nabiyil ummiyi.
    apa boleh ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh atau tidaknya wallahu a'lam, namun apa yang telah kami pelajari dari ustadz dan juga kami pelajari di buku2, mengenai bacaan doa qunut terdapat lafadz nabiyyil ummiyi.

      Silakan bisa di tanyakan langsung ke kiyai or ustadz setempat untuk boleh atau tidaknya lafadz tersebut dalam doa qunut. terima kasih

      Hapus
    2. Intinya anda iklhas menjalankan ibadah nantinya biasa di perbaiki

      Hapus
  4. kak mau tanya, sebener ny wajib atau ngga sih baca doa qunut saat sholat subuh? soal ny di keluarga saya saat sholat subuh tidak membaca doa qunut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hukumnya tidak wajib. Dan dalam hal ini para ulama berpeda pendapat.
      Para madzhab syafi'i bersepakat disunatkan qunut pada shalat Subuh (sunnah ab'adh) dan bagi yang lupa atau lalai mengerjakannya qunut subuh disunatkan untuk menggantikannya dengan sujud sahwi.

      Salah satu dalilnya yaitu :


      مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ يَقْنَتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

      “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tetap melakukan qunut pada shalat subuh sampai berpisah dengan dunia.”

      Hapus
    2. kakak mau nanya,untuk lafadz diatas itu referensi redaksinya darimana ya,apa dari hadist Rasululloh?.Terima kasih kak atas jawabannya,semoga kita diberikan kemudahan untuk sentiasa mengamalkan apa yg telah diajarkan Rasulullah Muhammad

      Hapus
    3. Sumber bacaan diatas sesuai yang kami pelajari dari ustadz, dan di kitab-kitab atau buku-buku agama (seperti buku fasholatan) juga bacaan qunut sperti diatas.....

      Hapus
    4. Kakak,apabila saya punya ustadz,terus ustadz tersebut membuat kitab/buku agama(buku fasholatan)dikitab tersebut dituliskan lafadz yang tidak sama dengan lafadz diatas,apa kita boleh mengamalkannya ya kak?.Apakah dikitab Imam Syafi'i Al-Umm terdapat lafadz qunut seperti text diatas ya kak??.Terima kasih kak atas jawabannya,Barakallahu fiik

      Hapus
    5. Lafadz qunut diatas juga sama seperti di buku Fasholatan Lengkap (Sabilunnajah), hanya saja dalam buku sabilunnajah (fasholatan lengkap) ada tambahan kalimat :
      اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا مِنِ الْبَلاَءِ ......
      yang dibaca ketika banyak atau ada musibah kepada orang-orang muslim....

      Jika memang ternyata lafadz qunut diatas tidak sama seperti buku fasholatan karangan ustadz ibu hazna, silakan boleh di share disini lafadz mana yang berbeda. Dan untuk lebih afdhol lagi, silakan tanyakan ke ustadz ibu haznah....

      Terima kasih,semoga bermanfaat

      Hapus
    6. Bolehkah mengangkat tangan ketika membaca qunut pak ustad

      Hapus
    7. Dalam prakteknya, sebagaimana yang saya pelajari saat masih sekolah dulu, membaca qunut sambil mengangkat tangan, dan hingga sekarang juga tetap mengangkat tangan ketika qunut.

      Hapus
    8. Afwaan,
      Beberapa kali ana menemui lafadz yg berbeda,
      "Waqinii birahmatika sarramaa qadhait". Mana
      yg lbh dianjurkan?

      Sukhron khairan katsiron..

      Hapus
    9. Lengkapnya ada pula referensi pada Buku Bidayatul Hidayah, Imam Ghazali.

      Hapus
  5. Semonga bermanfa'at buat adk" yg mau bljr...
    Mga sukses untk blognya...

    BalasHapus
  6. semoga bermanfaat............amin ya ..roob...

    BalasHapus
  7. Alhamdulilah masih banyak penyebar islam didunia lewat ilmunya:) ini sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  8. mohon diopy untuk diamalkan, terima kasih..

    BalasHapus
  9. Trima kasih mas bro sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. saya benar-benar kebangetan,, sampai lupa baca do'a qunut, semoga Alloh senantiasa mengampuni dosa saya dan dosa kita semua.

    BalasHapus
  11. Tlong di share jga kak, niaty sujud sahwi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bacaan sujud sahwi, silakan bisa dipelajari di link berikut ini:
      http://khususdoa.blogspot.com/2015/11/bacaan-sujud-sahwi-lengkap-cara-sujud-sahwi.html

      terima kasih. semoga bermanfaat

      Hapus
  12. maaf min setahu saya pake" birrohmatika"pas. wakini nya
    jadi begini bunyinya"Waqinii birrohmatika syarramaa qadhait"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuh gan,guru ngaji ane juga ngajarinnya sama,ada birohmatika nya.mana yg bener ya?

      Hapus
    2. Mohon maaf, saya tidak bisa menjawab ini yang benar dan itu yang salah. Silakan bisa langsung tanyakan ke ustadz atau guru ngajinya.

      Namun seperti yang saya pelajari kalimat yang dimaksud tanpa "BIROHMATIKA". Silakan bisa dilihat dalam buku Sabilun Najah Fasholatan Lengkap Halaman 58, kalimatnya وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ

      Hapus
  13. trimkasih banyak ya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Pak ustadz sya mau tanya tetangga sya doa qunut nya tanga nya di balik maksud nya apa ya

    BalasHapus
  15. Ada imam saat doa qunut sampai bacaan fainaka takdli walayudo dibaca lirih, kemudian baca doa lagi dg suara jelas dan bacaan yg terakhir ini yg berbeda-beda dan tidak (dishear ke seluruh muslim), ada yg berdoa untuk keselamatan sakaratul maut, keselamatan setelah maut dst.... Maka bagi yg tahu mohon dishear.

    BalasHapus
  16. Tlong cek untuk lafad was taghfiruka untuk latin nya Astaghfiruka trims

    BalasHapus
  17. bang admin
    saya bingung setelah saya googling kesana kesini ko bacaan doa qunut tidak semua nya sama ya di sini "Waqinii syarramaa qadzait" ada juga "Waqinii birahmatika syarramaa qadzait" ini mana yg benar min??

    BalasHapus
  18. Mau tanya nih, saya pernah solt subuh di suatu kampung, dan doa qunut nya d tambah sama doa tolak bala, abis baca qunut trus baca doa tolak bala, itu boleh gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh .. menambah atau menyambung doa selagi ianya tidak mengubah maksud asalnya dan tidak mensyirik kan Allah, kerana , sebagai contoh, setelah kita mendengan azan habis di laungkan, kita akan membaca doa sesudah azan, setelah habis membaca doa sesudah azan boleh juga kita menyambung apa apa doa kepada Allah... kita kena faham perkataan 'DOA
      Jika memahami maksud pErkataan doa itu ', in syaa Allah, kita tidak akan ragu ragu, wallah hu a'lam, moga Allah permudah kan segala urusan kita .. amiin

      Hapus
  19. Ada tidak redaksi do'a qunut yang lain ... terima kasih

    BalasHapus
  20. terimakasih sangat bermanfaat dan juga saya sedang ada hapalan terimakasih

    BalasHapus
  21. saya mau nanya knp ada orang sholat memakai doa qunut padahal bukan sholat subuh tolong di jawab ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikampung halaman saya juga ada pak, khususnya jama'ah di musholla ada yang baca doa qunut pada sholat maghrib. Tetapi di masjid kampung saya doa qunut ketika sholat subuh.

      Intinya, mereka ustad atau kiyai kita mempunyai landasan atau dasar ketika melakukan hal tersebut.

      Hapus
    2. yang jelas beribadahlah sesuai tuntunan alquran dan hadits,jangan menambah nambah suatu perkara dalam ibadah.nanti bukannya ibadah kita dapat pahala malah dapat dosa

      Hapus
  22. mau baca qunut atau ga baca qunut sah sah saja.. yang bermasalah yang tidak shalat.. katanya sih..

    BalasHapus
  23. ustazd saya awam dalam membaca kitab suci alquran apa di perboleh kan oleh agama dalam tex bahasa yang lebih bisa kita pahami selain bahasa arab mohon bingbingan nya ustazd

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum. Saya pernah mendengar qunut AllahHummah dina fiman hadait. Tapi di atas Allahhummah dini. Dan ada lagi.. tolong dijelaskan kenapa banyak berbeda? Dan mana yg merupakan dari rasullullah. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih,
      jika menjadi imam maka bacaannya ALLAAHUMMAHDINAA yang artinya jamak untuk orang banyak...

      jika sholat sendirian maka bacanya ALLAAHUMMAHDINII, yang artinya saya (diri sendiri)

      Lengkapnya:
      ALLAAHUMMAHDINI (Ya Allah tunjukkanlah kepada saya)
      ALLAAHUMMAHDINA (Ya Allah tunjukkanlah kepada kami)

      semoga membantu

      Hapus
  25. Saya mnta ijin buat copas ya kak, thks ini bermanfaat bngt.

    BalasHapus
  26. izin kopy paste....syukron sangat membantu

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum wr wb.
    sangat bermanfaat. ijin copas untuk dihafal ya saudara/i.
    semoga menjadi berkah bagi kita semua. amin

    BalasHapus
  28. Asalamualaikum wr wb.
    terima kasih,ini membantu saya untuk mengingat doa qunut yang udah lama gak saya baca......thanks

    BalasHapus
  29. Bagaimna hukumnya makmum yg tidak ikut doa qunut krn imam nya tidak qunut.
    Sementra makmumnya selalu qunut..
    Syukron...
    Bantuan pemahamannya.

    BalasHapus
  30. Kadang malu liat anak kecil udah hafal tp sy udah segede gini belum hafal,,

    BalasHapus
  31. Trimakasih kakak... ini sangat membantu dan semoga menjadi amal jariyah buat kakak... Aminn😘😘😘

    BalasHapus
  32. Sangat bermanfaat sekali terimakasih gan

    BalasHapus
  33. Maaf mau tanya kalo doa tuntunan solat ada ga ?
    Trimakasih

    BalasHapus
  34. Apakah beda yah bacaan qunut solat subuh sendirian dengan jamaah atau mnjadi imam? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya sudah pernah saya share di komentar. Silakan cek keatas...

      Hapus
  35. Ustadz saya termasuk awam, dari kecil kami tidak diajarkan doa qunut wkt shalat Shubuh (Klrg kami alm. H.Z Zaenal Mutaqien ex. Ketua MUI) dari tokoh Muhammadiyah, bagaimana hukumnya?

    BalasHapus
  36. Bismillaah. Untuk penjelasan qunut disertai dalil dan pandangan madzhab bisa dilihat di:

    [Ganti * dengan . ]

    https://rumaysho*com/529-qunut-shubuh-dalam-pandangan-empat-madz-hab-2*html


    muslim*or*id/3763-mengkaji-qunut-nazilah*html

    BalasHapus
  37. Maaf ass., koreksi dikit,
    Di klimat "wasallallahu 'ala SAYIDINA muhammadin"
    yang kata sayidina tdk sama dgn tulisan arabnya.,
    Meski lewat sebuah blog tpi anda sudah banyak membantu sesama mas., nice blog

    BalasHapus
  38. maaf sebelumnya, mau tanya kalo kita jadi makmum saat imam qunut kan kita mengaminkan. kan ada 2 jeda. itu kita saat jeda pertama baca apa. kalo jeda kedua kan baca Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

    mohon pencerahanya

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).