Bacaan Doa Ketika Melihat Kilat dan Mendengar Petir (Halilintar)

Assalamu'alaikum. Saat musim hujan seperti sekarang ini, seringkali kita melihat kilat petir dan juga mendengar suara petir atau halilintar. Nah, sebagai seorang muslim, sangat dianjurkan untuk membaca doa ketika melihat kilat halilintar atau gledek (petir) dan juga dianjurkan memanjatkan doa saat mendengar petir (halilintar).

Tidak hanya itu, saat hujan turun dan setelah hujan reda pun dianjurkan untuk membaca doa. Jika teman-teman belum hafal untuk doanya ketika melihat kilat dan mendengar suara gledek/petir, silakan pelajari lafadznya dibawah ini, sehingga teman-teman tidak merasa khawatir lagi jika melihat kilatan petir dan/atau suara petir yang menggelegar, karena sudah ada penangkalnya yaitu doa.

Lafadz Doa Ketika Melihat Kilat Petir dan Mendengar Suara Halilintar
Ilustrasi : Kilat Halilintar (petir)

Lafadz Doa Ketika Melihat Kilat Halilintar (Petir/Gledek)

سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَعَمًا

SUBHAANA MAY YURIIKUMUL BARQO KHOUFAN WA THOMA'AN
Artinya :
Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap.

Adapun untuk doa ketika mendengar gledek atau suara halilintar (petir) adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ يُسَبّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلآئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

SUBHAANA MAY YUSABBIHUR RO'DU BIHAMDIHI WAL MALAA-IKATU MIN KHIIFA ATIHI.
Artinya :
Maha suci Allah, yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya.

Teman-teman, itulah bacaan doa ketika melihat kilat dan mendengar petir dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya. Semoga bermanfaat. Silakan teman-teman pelajari ya, karena ini sangat bermanfaat sekali bagi kita sebagai seorang muslim untuk selalu memanjatkan doa-doa dalam setiap gerak langkah kita.