Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum. Apa kabar teman-teman? Setelah 2 hari sibuk dan tidak menulis artikel di Blog Khusus Doa, alhamdulillah hari ini saya diberi kesempatan kembali untuk berbagi. Ini adalah artikel ke-6 saya, dimana dalam halaman ini akan saya paparkan tentang bacaan doa ketika turun hujan serta bacaan doa setelah selesai hujan lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya

Hujan merupakan salah satu anugerah Allah SWT yang sangat Agung. Karena kalau tidak ada hujan, maka alam akan kekeringan sehingga mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi seluruh makhluk hidup. Maka dari itu, sungguh suatu nikmat yang luar biasa ketika hujan turun. Untuk mensyukuri hal tersebut, hendaknya kita mengucap dan/atau membaca doa saat hujan turun, dan supaya hujan yang diturunkan bermanfaat bagi semua makhluk. 
doa ketika  turun hujan dan doa setelah selesai hujan
Ilustrasi: Turun Hujan
Berikut adalah lafadz doanya lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya . 

اَللهُمَّ صَيّبًا نَافِعًا
ALLOOHUMMA SHOYYIBAN NAAFI'AN
Artinya: Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat.
Teman-teman, itulah lafadz doa ketika hujan turun. Semoga hujan yang Allah SWT turunkan ke bumi dapat bermanfaat bagi kita semua dan tidak mengakibatkan bencana, seperti banjir dan longsor. Amien. Adapun setelah hujan selesai turun, kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa. Berikut adalah lafadz doa setelah selesai hujan dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya. 

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ
MUTHIRNAA BIFADLLILLAAHI WA ROHMATIHI
Artinya: Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.
Ya, hujan adalah rahmat Allah SWT yang besar untuk para makhluknya. Adapun ketika hujan mengakibatkan banjir, semata-mata itu karena ulah tangan manusia itu sendiri yang mungkin kurang peduli terhadap lingkungan, membuang sampah sembarang dan lain sebagainya. 



Marilah teman-teman, sayangi lingkungan sekitar kita, selalu merawat dan menjaganya agar supaya saat hujan datang tidak mengakibatkan banjir. Dan yang terpenting adalah selalu doa diatas ketika   hujan turun maupun setelah turun hujan

Biasanya ketika ada hujan maka ada kilat dan petir. Untuk itu, ketika teman-teman melihat kilat atau mendengar suara halilintar (petir) maka hendaknya berdoa. Untuk bacaan doanya, silakan teman-teman pelajari artikel yang berjudul : "Bacaan Doa Ketika Melihat Kilat dan Mendengar Petir (Halilintar)"

Semoga apa yang baru saja saya share dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Dan tidak bosan-bosan saya mengingatkan "hendaknya selalu didampingi oleh ustadz atau ustadzah dan/atau didampingi oleh orang tua ketika belajar membaca doa-doa". Akhir kata, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.