Bacaan Doa Ketika Menengok Orang Sakit Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum. Semoga teman-teman tidak bosan berkunjuang di Blog Khusus Doa. Pada artikel kedua ini, saya akan berbagi doa ketika menjenguk orang sakit. Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan bagi yang sedang sakit, Amien. 

Seperti yang saya pelajari, ada 2 doa khusus untuk menjenguk atau menengok orang sakit. Yang pertama adalah doa ketika kita menengok teman atau keluarga yang sakit. Kategori sakit disini bisa saja sakit maag, sakit kanker, sakit jantung dan lain sebagainya, dan yang kedua yaitu doa ketika kita menengok orang yang sakit panas, seperti sakit tipes yang biasanya panas dan dingin serta penyakit panas lainnya. 

Berikut adalah bacaan doa ketika menengok teman atau keluarga yang sakit dalam bahasa arab, latin lengkap terjemahannya. 

bacaan doa ketika menengok orang sedang sakit
Ilustrasi: Menengok Orang Sakit

اَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ

AS-ALULLOOHAL 'ADZIIMA ROBBAL'ARSYIL 'ADZIIMI AYYU'AAFIYAKA WA YUSYFIYAKA
Artinya: Aku memohon kepada Allah yanag Maha Agung Tuhan Arsy yang agung semoga memberi kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).
Adapun untuk bacaan doa ketika menengok orang yang sedang sakit panas adalah sebagai berikut : 

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرّعِرْقٍ نَعَّارٍوَمِنْ شَرّ حَرّالنَّارِ

BISMILLAAHIL KABIIRI NA'UUDZU BILLAAHIL 'ADZIIMI MINSYARRI 'IRQIN NA'AARIN WA MIN SYARRI HARRIN NAARI
Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.
(Pelajari juga: Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit)

Teman-teman, itulah bacaan doa menengok orang yang sedang sakit. Jadi, ketika ada teman-teman kita atau keluarga kita yang sedang sakit, jangan hanya sekedar menjenguk, membawa buah-buahan dan makanan-makanan yang lezat, karena pada dasarnya orang yang sedang sakit itu justru tidak doyan makan, karena biasanya rasanya pahit. 

Tapi karena mungkin sudah menjadi tradisi masyarakat kita (menjenguk orang yang sakit dengan membawa makanan) ya sudahlah tidak apa-apa. Yang terpenting selain membawa makanan yaitu kita membacakan doa seperti yang sudah saya paparkan di atas. Semoga orang yang sedang sakit diberi kesabaran dan cepat diberi kesembuhan. Amien. 

Silakan baca berkali-kali doa-doa diatas, supaya teman-teman hafal. Sehingga saat menengok orang sakit, baca doanya tidak melihat teksnya lagi. 

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Insya Allah di pertemuan berikutnya (artikel ketiga) saya akan berbagai doa untuk orang yang sakit. Ya, orang yang sakit juga harus berdoa agar diberi kesabaran, ketabahan serta kesembuhan. Semoga bermanfaaat ya? Akhir kata, Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuh.


related artikel: